PKL geruduk kantor Ridwan Kamil

Selasa, 22 April 2014 - 12:41 WIB
PKL geruduk kantor Ridwan Kamil
PKL geruduk kantor Ridwan Kamil
A A A
Sindonews.com - Puluhan Pedagang Kaki Lima (PKL) di sepanjang Jalan Merdeka (BIP) Kota Bandung, yang tergabung dalam Gerakan Aksi Masyarakat Lapar (Gampar)‎ menggelar aksi demo, di depan Balai Kota Bandung.

Para PKL menuntut kejelasan relokasi yang dilakukan oleh Pemkot Bandung terhadap mereka. Sebelumnya, mereka direlokasi ke basement Mal Bandung Indah Plaza ‎(BIP), pada Februari lalu, yang diresmikan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (RK).

"Kami melihat ada banyak kejanggalan-kejanggalan yang terjadi dalam relokasi ini," kata Koordinator Aksi PKL Ardison, disela-sela demo, Selasa (22/4/2014).

Ardison memaparkan, kejanggalan tersebut di antaranya tidak ada musyawarah penentuan relokasi oleh pihak Pemkot, BIP, dan pengurus lama PKL. Sementara para PKL yang lain tidak diberi kesempatan untuk ikut bermusyawarah.

Selama direlokasi, para PKL juga dibebani dengan biaya sewa sebesar Rp3 juta. Tidak hanya itu, setiap harinya, selama tiga tahun, para PKL dipungut biaya Rp5.000 dengan dalih membayar koperasi.

"Padahal kan dari awal relokasi ini katanya gratis. Itu koperasi pun kami rasa fiktif, kami tidak merasa keberadaannya. Itu hanya akal-akalan Pemkot Bandung, dan Manajemen BIP," ungkapnya.

Pihaknya berharap, bisa diajak musyawarah oleh pihak terkait. "Kami juga sangat berharap setiap mal menyediakan lahan 10 persen untuk kami berjualan, dengan catatan harus manusiawi. Tentu konsekuensinya kami akan menjaga K3 (Keindahan, Ketertiban, dan Kebersihan," pungkasnya.

Dari pantauan wartawan, dari puluhan PKL yang menggelar demo, belasan di antaranya menggelar aksi teatrikal dengan bertelanjang dada dengan badan dibaluri lumpur, tepat di depan gerbang Balai Kota Bandung.

Selain bertelanjang dada, para pendemo pun membawa sejumlah poster yang bertuliskan tuntutan mereka. Hingga pukul 11.20 WIB aksi masih berlangsung dengan pengawalan dari pihak kepolisian.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6718 seconds (0.1#10.140)