7 bulan, warga Cimareme tinggal di pengungsian

Senin, 21 April 2014 - 12:33 WIB
7 bulan, warga Cimareme...
7 bulan, warga Cimareme tinggal di pengungsian
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 53 jiwa, dari 13 kepala keluarga (KK), warga Kampung Cimareme, RT25/06, Desa Tegalgede, Kecamatan Pakenjeng, Kabupaten Garut, tinggal ditenda pengungsian selama tujuh bulan.

Puluhan warga yang terdiri dari anak-anak dan para orangtua ini, terpaksa menetap di tenda, karena rumah mereka ludes dalam peristiwa kebakaran, pada September 2013.

Mamad Nursidik, Kepala Urusuan Pemerintah Desa Tegalgede mengatakan, masing-masing tenda ditempati oleh beberapa keluarga. Tenda darurat ini, digunakan untuk aktivitas utama sehari-hari, yaitu berteduh, tidur, hingga memasak layaknya di dalam sebuah rumah.

“Satu tenda ditempati beberapa keluarga, di dalamnya dipasang sekat untuk privasi. Namun tak semuanya begitu, sebab ada juga yang tidak dipasang sekat,” kata Mamad, saat ditemui wartawan, Senin (21/4/2014).

Menurut Mamad, warga yang tinggal di tenda ini sebagian besar harta bendanya telah musnah dalam kebakaran. Pihaknya melalui Pemerintah Desa Tegalgede, telah berupaya keras untuk membantu kebutuhan sehari-hari warga yang masih tinggal di pengungsian ini.

“Dari pemerintah desa, selama ini kami berupaya sebisa mungkin untuk dapat memenuhi kebutuhan warga. Mereka harus dibantu karena tidak lagi memiliki apa-apa. Pakaian, perabotan, bahan makanan, dan harta lainnya habis terbakar. Sementara penghasilan rata-rata warga sebagai petani tidak mungkin diharapkan,” imbuhnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1058 seconds (0.1#10.140)