Abu vulkanik Merapi sampai di Kulonprogo

Minggu, 20 April 2014 - 15:38 WIB
Abu vulkanik Merapi sampai di Kulonprogo
Abu vulkanik Merapi sampai di Kulonprogo
A A A
Sindonews.com - Hujan abu vulkanik akibat letusan Gunung Merapi terjadi hingga ke sejumlah kecamatan di Kulonprogo, khususnya di wilayah utara.

Meski tipis, banyak pengguna jalan memilih menggunakan masker. Hujan abu dengan intensitas kecil ini mulai dirasakan warga di Kecamatan Samigaluh, Kalibawang dan Nanggulan sejak pukul 07.00 WiB.

Menjelang siang, abu kian menyebar sampai di Pengasih, Girimulyo dan Sentolo. “Pas keluar rumah, kok kelihatan ada hujan abu, ternyata di mobil sudah penuh abu halus,” ungkap Rahmawati, warga Kalibawang.

Meski ada hujan abu, namun aktivitas masyarakat tetap normal. Sejumlah pedagang di pasar Kentheng mapun Nanggulan tetap membuka lapak dagangannya seperti hari biasa.
Hanya banyak pengguna alan yang memilih menggunakan masker.

Humas Wild Rescue Center (WRC) Rosalia Setyawati mengatakan, hujan abu belum begitu mengkhawatirkan. Dibandingkan dengan erupsi Gunung Kelud ataupun erupsi Merapi 2010 silam, ketebalan abu sangat tipis.

“Baru sekitar pukul 11.00 abu mulai sampai disini, mungkin terbawa angin,” jelasnya. Meski begitu, managemen WRC tetap bersiaga, mengantisipasi hujan abu yang lebih tebal.

Sebab ada sejumlah satwa yang ada rentan dengan gangguan pernafasan ketika ada abu vulkanik yang butirannya sangat lembut. “Hanya berjaga-jaga saja, karena semua peralatan dan sarana sudah siap,” jelasnya.

Baca juga :
Letusan Merapi bukan erupsi magmatik
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9331 seconds (0.1#10.140)