Disergap TNI AU, pesawat asing itu menuju Singapura

Kamis, 10 April 2014 - 17:07 WIB
Disergap TNI AU, pesawat asing itu menuju Singapura
Disergap TNI AU, pesawat asing itu menuju Singapura
A A A
Sindonews.com - Pesawat asing yang disergap di Medan, Sumatera Utara (Sumut), ternyata berasal dari wilayah Colombo, Srilanka untuk selanjutnya terbang ke Singapura.

Hal itu ditegaskan Pangkosek Hanudnas III Medan Marsekal Pertama TNI Sungkono kepada wartawan, di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Soewondo, Medan, Sumut.

"Pesawat itu dipiloti Hang Pier (65), warga Swedia. Dia terbang dari Colombo ke Singapura. Pesawat itu kami sergap karena terbang di wilayah udara Indonesia tanpa izin," terang Sungkono, Kamis (10/4/2014).

Ditanya lebih jauh, Sungkono mengatakan pilot yang sudah berusia itu tak memiliki misi khusus dalam penerbangan. "Hanya terbang biasa saja, namun hingga kini masih terus kita dalami karena masih kita interogasi," tutur Sungkono.

Sebelumnya, sebuah pesawat jenis Cessna milik asing, siang tadi, dikepung dua pesawat jet tempur F-16 milik TNI Angkatan Udara (AU) saat melintas di Sumatera Utara (Sumut).

Pesawat bernomor lambung N543 JX itu nampak dipepet hingga kemudian dipaksa turun di Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Soewondo, sekira pukul 12.44 WIB.

Berdasarkan pengamatan, pilot yang berada di dalam pesawat tersebut kemudian dikepung anggota pasukan TNI AU bersenjata lengkap, hingga akhirnya sang pilot keluar dari dalam pesawatnya.

Baca juga:
Detik-detik pesawat jet TNI AU giring pesawat asing
2 pesawat tempur TNI AU sergap pesawat asing di Medan
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7301 seconds (0.1#10.140)