Kebakaran hutan padam, udara Riau kembali bersih

Selasa, 01 April 2014 - 14:44 WIB
Kebakaran hutan padam, udara Riau kembali bersih
Kebakaran hutan padam, udara Riau kembali bersih
A A A
Sindonews.com - Satgas Penanggulangan Kabut Asap mengklaim telah memadamkam seluruh titik api yang membakar lahan dan hutan di Riau, Sumatera. Dengan begitu, udara di kepulauan ini kembali bersih dari racun asap.

"Kualitas udara terus membaik. Hari ini, kualitas udara sehat hingga sedang. Tidak ada lagi yang tergolong tidak sehat atau berbahaya," ujar Dansatgas Operasi Terpadu Syamsul Maarif, Selasa (1/4/2014).

Pria yang menjabat sebagai Kepala BNPB ini menambahkan, selain itu jarak pandang akibat asap juga mulai menjauh, menjadi 3-10 kilometer. Dengan begitu, ancaman penyakit pernapasan bagi warga Riau pun hilang secara berangsur.

"Hotspot dan asap akibat kebakaran lahan dan hutan di Riau dapat diatasi oleh Satgas Operasi Terpadu hingga saat ini. Titik api di Riau terus berkurang," ungkapnya.

Ditambahkan dia, satgas darat, udara, penegakan hukum dan pelayanan kesehatan, telah bekerja efektif. Untuk itu, maka tongkat estafet akan diserahkan kepada Gubernur Riau.

"1000 personel Pasukan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana dari TNI akan ditarik kembali pada Jumat 4 April 2014. Pasukan itu kini masih menyebar diberbagai daerah, melakukan Operasi Militer, selain perang dengan pemadaman api dan asap, patroli dan sosialisasi," ungkapnya.

Sebelum kembali ke Jakarta, semua personel akan diperiksa kesehatannya. Hampir tiga minggu terpapar langsung oleh api dan asap. Kemudian akan diterbangkan ke Jakarta dengan 10 Hercules C-130 TNI AU.

Baca juga:
Padamkam kebakaran di Riau, 1.000 pasukan TNI dipulangkan
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6697 seconds (0.1#10.140)