14 desa di Pemalang terancam tanah longsor

Minggu, 23 Februari 2014 - 00:06 WIB
14 desa di Pemalang terancam tanah longsor
14 desa di Pemalang terancam tanah longsor
A A A
Sindonews.com - Bencana tanah longsor terus terjadi di Kecamatan Watukumpul Pemalang Jawa Tengah. Setidaknya terdapat 14 dari 15 desa rawan longsor di daerah tersebut.

Desa itu antara lain, Cikadu, Tundangan, Bongas, Cawet, Pagelaran, Bodas, Medayu, Tlagasana, Jojogan, Wisnu, Majalangu, Tambi, Gapura dan Watukumpul.

Hampir setiap tahun di daerah Watukumpul ini selalu terjadi tanah longsor. Tahun ini bencana tanah longsor di daerah itu tergolong paling parah.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Data dari BPBD menyebutkan 987 rumah rusak, sebanyak 569 rusak parah dan 2.528 jiwa terpaksa direlokasi.

Banyak rumah warga rusak tertimbun tanah longsor. Merekapun dirundung kekhawatiran jika bencana itu datang tiba-tiba, terlebih saat ini hujan terus mengguyur. Sampai saat ini, saluran listrik juga masih terputus. Sehingga pemukiman warga yang terkena longsor gelap gulita jika malam hari.

“Kami selalu was- was karena setiap ada hujan deras selalu ada longsor susulan , kalau siang kami masih berani menengok rumah namun kalau sore kembali ke pengungsian," ujar Nasori warga Watukumpul, Sabtu (22/2/2014).

Kepala BPBD Pemalang, Wismo mengatakan, pihaknya masih menginventarisir kerusakan dan jumlah warga yang harus direlokasi.

“Tempat relokasi hingga kini juga masih dirapatkan, melibatkan pihak desa, warga, relawan dan juga DPRD," jelasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6267 seconds (0.1#10.140)