Wow, bahan baku dollar dari pisang abaka

Jum'at, 21 Februari 2014 - 18:29 WIB
Wow, bahan baku dollar...
Wow, bahan baku dollar dari pisang abaka
A A A
Sindonews.com - Pisang abaka merupakan bahan baku kertas uang dollar. Di Indonesia, pisang ini tumbuh subur di beranda paling utara Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Tepatnya di Desa Esang, Kecamatan Esang, Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut).

Menariknya, berdasarkan ungkapan para petani abaka saat ditemui wartawan, produksi abaka di Talaud ini adalah terbesar kedua dunia, setelah negara tetangganya Filipina. Dan yang paling mengejutkan, kualitas abaka Talaud ini masuk dalam kategori terbaik dunia setelah Filipina.

“Ini menurut beberapa ahli warga negara asing yang pernah datang ke daerah kami. Mereka (ahli) mengambil beberapa sampel dan membuktikan, abaka Talaud adalah kualitas terbaik dunia,” kata Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud Constantine Ganggali, Jumat (21/2/2014).

Kata Ganggali, banyak yang belum tahu kalau abaka merupakan salah satu bahan baku berbagai kertas yang termasuk dalam security papers seperti memiograph, kantong teh celup, dan tisu. Abaka juga bisa dibuat untuk tali kapal ukuran raksasa yang biasa digunakan Kapal Pelni.

“Tekstil, geotekstil, karpet kualitas terbaik dunia juga bahan bakunya dari abaka, termasuk uang dolar yang mengisi dompet artis-artis Hollywood dan Presiden Amerika. Abaka inilah yang menjadi bahan bakunya,” jelas Ganggali tersenyum.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2510 seconds (0.1#10.140)