Kementan Dorong Pengembangan Komoditas Pisang Gapi Gorontalo

Selasa, 30 Agustus 2022 - 22:03 WIB
loading...
Kementan Dorong Pengembangan Komoditas Pisang Gapi Gorontalo
Pelatihan Kapasitas Staf Pemerintah tentang Standar Operating Procedure-Good Agricultural Practices (SOP-GAP) Komoditi Pisang Gapi. (Ist)
A A A
GORONTALO - Pisang Gapi merupakan salah satu komoditas prospektif di Kabupaten Gorontalo. Pemerintah setempat bersama Kementerian Pertanian (Kementan) saat ini terus berupaya mendongkrak produktivitas para petani.

Salah satu yang tengah dimasifkan adalah program The Development Integrated Farming System at Upland Areas (Upland Project). Upland tidak lain program untuk membantu petani dalam mengembangkan pertanian di dataran tinggi (upland areas).

Pekan lalu, digelar kegiatan Pelatihan Kapasitas Staf Pemerintah tentang Standar Operating Procedure-Good Agricultural Practices (SOP-GAP) Komoditi Pisang Gapi. Giat berlangsung di Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

Fokusnya tentang standar operasional prosedur, praktik pertanian, komiditi pisang gapi, merupakan program sistem pertanian terpadu di daerah dataran tinggi.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo yang notabene didapuk sebagai pembicara mengatakan, pertanian dataran tinggi yang sangat potensial menjadi lokasi budidaya dan pengembangan pisang gapi.

"Pemda Kabupaten Gorontalo telah menetapkan Desa Dulamayo Selatan (Kecamatan Telaga dan Desa Toyidito) di Kecamatan Pulubala menjadi lokasi penanaman pisang gapi,"ujar Nelson melalui keterangan tertulisnya, Senin (29/8).

Nelson menambahkan jika dua desa di Kabupaten Gorontalo tersebut kedepannya akan menjadi proyek percontohan pengembangan pisang gapi.

Sementara itu, Manager District Projeck Implementation Unit (DPIU) Upland, Sofyan Husin menjelaskan, pelatihan yang digelar bertujuan untuk memberikan penguatan kapasitas staf pemerintah penerima bantuan dalam menjalankan program sesuai prosedur. Mulai dari proses administrasi hingga pendampingan kepada petani.

Program itu juga bekerja sama dengan dinas pertanian provinsi, perguruan tinggi dan LSM yang bergerak di bidang pertanian. “Pemkab Gorontalo, mendapatkan loan agreement dari International Fund for Agricultural Development (IFAD) dan Islamic Development Bank (IsDB)," kata Manager (DPIU) Upland, Sofyan Husin.

Dana Internasional untuk Pengembangan Pertanian atau International Fund for Agricultural Development (IFAD) dan Bank Pembagunan Islam atau Islamic Development Bank (IsDB) dikucurkan untuk membantu pemerintah daerah dalam mengembangkan pertanian di dataran tinggi (upland areas).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0970 seconds (0.1#10.140)