Bali dilanda cuaca ekstrim, langit mendung & angin kencang

Rabu, 19 Februari 2014 - 16:04 WIB
Bali dilanda cuaca ekstrim, langit mendung & angin kencang
Bali dilanda cuaca ekstrim, langit mendung & angin kencang
A A A
Sindonews.com - Warga Kota Denpasar, Bali, dikejutkan dengan tiupan angin kencang disertai hujan deras yang berlangsung singkat siang ini. Belum ada laporan adanya kerusakan atau korban saat terjadi hujan dan angin kencang yang terjadi sekira pukul 12.30 WITA itu.

Beberapa warga yang tengah menikmati santap siang di lantai II, Warung Teko Renon, sampai keluar ruangan untuk melihat kondisi di luar. "Tiba-tiba anginnya kencang sekali, ada apa ini," ujar Purnada, seorang warga, Rabu (19/2/2014).

Kepala Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar, Wayan Suadrana mengatakan, Bali belakangan ini dihantam cuaca ekstrim. "Bali memasuki musim penghujan, berlangsung hingga April mendatang," jelas Suardana dihubungi lewat telepon.

Cuaca ektrem itu bisa terjadi sewaktu-waktu, seperti siang ini, di mana sebelumnya cuaca di seputaran Kota Denpasar cukup panas, berubah mendung hujan disertai angin kencang. Cuaca ekstrem itu, diprediksi masih terus terjadi seperti angin kencang yang berasal dari kumpulan awan.

"Dua hari ke depan, hujan ektrem disertai angin kencang masih berpotensi terjadi, masyarakat agar berhati-hati," katanya mengingatkan.

Berdasar pengamatan BMKG, angin kencang dari barat terjadi karena pertemuan angin, sehingga menjadi pertumbuhan awan konvektif yang mendatangkan hujan.

Terjadinya cuaca ekstrem, tidak hanya dialami di Bali. Daerah lain seperti Jawa tengah, Jawa Timur bagian selatan, hingga NTT juga mengalami kondisi serupa.

Meski kondisinya normal, dia mengingatkan masyarakat meningkatkan kewaspadaan seperti aktvitas pelayaran, di mana ketinggian gelombang luat diprediksi mencapai dua meter.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7641 seconds (0.1#10.140)