Kondisi Gunung Merbabu pasca gempa

Senin, 17 Februari 2014 - 21:08 WIB
Kondisi Gunung Merbabu pasca gempa
Kondisi Gunung Merbabu pasca gempa
A A A
Sindonews.com - Gunung Merbabu yang terletak di lereng sebelah timur dan selatan Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah pagi tadi menggemparkan warga. Pasalnya, terdengar dentuman keras saat gempa terjadi di wilayah tersebut.

Kendati demikian, anggota Tim Search and Rescue (SAR) Getasan, Kabupaten Semarang, Agus Surolawe, mengatakan, sejauh ini kondisi Gunung Merbabu masih stabil dan tidak ada menunjukan tanda-tanda khsusus.

Meski demikian, Tim SAR Getasan mengaku saat ini tetap melakukan pemantauan terhadap perkembangan kondisi Gunung Merbabu.

"Kami bersama warga malam ini melakukan penjagaan guna memantau perkembangan kondisi Gunung Merbabu. Namun warga kami minta untuk tenang dan bersiaga untuk melakukan langkah penyelamatan jika sewaktu-waktu terjadi gempa susulan," ujarnya, Senin (17/2/2014).

Sementara itu, Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0714 Salatiga Letkol Tjahyono Prasetyanto menuturkan, gempa yang terjadi di Desa Sumogawe, Kecamatan Getasan merupakan tanda indikasi terjadinya pergerakan muka bumi baik karena lempengan ataupun karena lava Gunung Merbabu.

Kondisi ini perlu diperhatikan oleh masyarakat, karena tidak menutup kemungkinan akan adanya gempa susulan.

"Karena itu, kami imbau masyarakat untuk berhati-hati dan waspada. Kami minta masyarakat untuk melakukan langkah antisipasi terhadap segala kemungkinan yang bisa terjadi," ucapnya.

Baca:
Pasca gempa, warga takut Gunung Merbabu meletus
Gempa Ungaran, kilat bersahutan dari Gunung Merbabu
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.0416 seconds (0.1#10.140)