Irman Gusman: KBS sangat memprihatinkan

Kamis, 13 Februari 2014 - 12:42 WIB
Irman Gusman: KBS sangat memprihatinkan
Irman Gusman: KBS sangat memprihatinkan
A A A
Sindonews.com - Kematian satwa yang terus terjadi di Kebun Binatang Surabaya (KBS), Jawa Timur, ikut mengundang keprihatinan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Irman Gusman.

"Dari segi fasilitas, kondisi di sini (KBS) memang sangat memprihatinkan. Apalagi jika membandingkan dengan kondisi Kota Surabaya dengan segala potensinya, seharusnya kondisi KBS memang tidak begini. Ini harus ditingkatkan," ujar Irman saat meninjau KBS di Surabaya, Kamis (13/2/2014).

Pada kesempatan itu, Irman mengaku sangat mendukung eksistensi KBS dan berharap tidak ada alihfungsi lahan seperti isu yang berkembang belakangan ini.

"Mewakili DPD kami minta agar KBS ini tetap dipelihara, ini aset nasional, bukan hanya aset Surabaya. Apalagi dengan usia KBS yang hampir 100 tahun, lokasi ini harus dipertahankan dan terus dikembangkan," ujar dia.

Kebun binatang menurut Irman harus tetap dijaga apalagi tempat seperti itu umumnya telah menjadi ikon sebuah kota. Menurut dia, Surabaya beruntung punya lokasi rekreasi seperti itu yang terletak di tengah kota, sebab selain untuk keperluan rekreasi, juga bisa jadi objek untuk mengedukasi anak-anak untuk lebih mencintai satwa.

"Jakarta sudah gagal menciptakan ruang seperti ini karena nyaris tidak ada lokasi atau lahan untuk rekreasi. Janganlah KBS dialihfungsikan, ini harus tetap jadi daerah konservasi," ujar dia.

Irman yang juga calon presiden peserta konvensi Partai Demokrat ini mengaku siap mendukung KBS tidak hanya secara moril, melainkan juga melalui penganggaran.

"Saya merasa penganggaran juga harus didukung nasional. Tapi itu tergantung permintaan Pemkot Surabaya sendiri. Kalau mereka memminta dukungan APBN, tentu kami di DPD siap memperjuangkan," ujar Irman yang tadi pagi berkeliling KBS beserta artis cantik dan seksi Julia Perez (Jupe).

Baca:
Kijang ditemukan mati, KBS sebut itu lumrah
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7970 seconds (0.1#10.140)