Siksa orang utan, pawang Kebun Binatang Bandung dipecat

Rabu, 12 Februari 2014 - 17:23 WIB
Siksa orang utan, pawang Kebun Binatang Bandung dipecat
Siksa orang utan, pawang Kebun Binatang Bandung dipecat
A A A
Sindonews.com - Pihak pengelola Kebun Binatang Bandung memastikan jika oknum keeper atau pawang dari orang utan yang terekam video tengah melakukan 'penyiksaan' telah dipecat.

"Oknum yang melakukan tindakan itu (penyiksaan) berinisial D. Dia adalah petugas pawang outsourcing," ujar Rohman Suryaman, Kabag Tata Lingkungan Kebun Binatang Bandung, saat ditemui wartawan, di Kebun Binatang Bandung, Rabu (12/2/2013).

Pemecatan terhadap D, dilakukan setelah video tersebut beredar luas pada tahun 2011. "Jadi waktu itu banyak yang sms langsung ke pimpinan. Kita lalu mengambil tindakan, karena tidak sesuai prosedur, maka kita pecat," terangnya.

Pihaknya memastikan, pasca kejadian tersebut, para petugas secara intensif diberikan pembinaan mulai dari perawatan, pemberian pakan, hingga kebersihan kandang satwa.

Dalam setiap bertugas, para pawang menurutnya harus mengacu pada five freedom, yakni, satwa harus terbebas dari haus dan lapar, satwa tidak boleh kehujanan dan kepanasan, dan satwa harus terbebas dari sakit.

"Lalu ketiga, satwa tidak boleh stres. Dan terakhir, satwa bebas mengekspresikan perilaku normalnya, seperti orang utan yang senang bergelantungan," bebernya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6745 seconds (0.1#10.140)