Bahaya, buaya di Sumbar mengganas incar manusia

Rabu, 12 Februari 2014 - 11:28 WIB
Bahaya, buaya di Sumbar mengganas incar manusia
Bahaya, buaya di Sumbar mengganas incar manusia
A A A
Sindonews.com - Sejak bulan Januari lalu, buaya di beberapa daerah di Sumatera Barat (Sumbar) mengganas. Korbannya tidak saja hewan peliharaan, tetapi juga manusia.

Berdasarkan data Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar, buaya yang mengganas ada di Kepulauan Mentawai, daerah pinggir Pantai Pasaman, rawa-rawa yang ada di Pesisir Selatan seperti di Balai Selasa, Surantih, Lunang-Silaut serta di beberapa aliran sungai di Kota Padang.

Menurut Wadan Satgas BKSDA Sumbar, Zulmi Gusmul, dari Januari hingga Februari 2014 ini sudah sekira 10 korban keganasan buaya. "Tidak ada korban jiwa, korban hanya mengalami luka-luka," kata Zulmi Gusmul, Rabu (12/2/2014).

Di Pessel datanya, ada tiga orang warga yang luka-luka diserang buaya. Sedangkan di Kepulauan Mentawai empat orang warga menjadi sasaran amukan buaya. Sebelumnya ada tiga korban keganasan buaya di Pasaman.

Kata Zulmi Gusmul, mengganasnya buaya sehingga menyerang masyarakat diduga karena habitat hewan ganas ini sudah mulai berkurang. Sebab, jika habitatnya tidak terganggu, pasti hewan ini tidak akan mengganggu manusia.

Karena itu, BKSDA mengimbau agar habitat hewan-hewan yang dilindungi ini tidak diganggu atau dirusak. Selain itu, jika ada hewan dilindungi yang mengganas, hendaknya segera dilaporkan kepada BKSDA.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3767 seconds (0.1#10.140)