15 desa di Sinabung tetap mengungsi

Minggu, 09 Februari 2014 - 15:46 WIB
15 desa di Sinabung...
15 desa di Sinabung tetap mengungsi
A A A
Sindonews.com - Karena masih tingginya aktivitas erupsi Gunung Sinabung, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) merekomendasikan 15 desa dan dua dusun masih diharuskan mengungsi.

Namun 17 desa lainnya di luar radius 5 km diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing. Sebelumnya terdapat 32 desa yang diharuskan mengungsi dari kediamannya.

"Di luar desa tersebut dapat kembali ke tempat tinggal masing-masing dan beraktivitas di luar radius 5 km dari kawah gunung," tulis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam rilisnya kepada Sindonews, Minggu (9/2/2014).

Lima belas desa tersebut antara lain, Desa Mardinding, Desa Perbaji, Desa Selandi, Desa Sukameriah, Desa Guru Kinayan, Desa Gamber, Desa Berastepu, Desa Bekerah, Desa Simacem, Desa Sukanalu, Desa Kuta Tonggal, Desa Sigarang-garang, Desa Kuta Rakyat, Desa Kuta Gugung, dan Desa Kuta Tengah.

Sementara kedua dusun yang masih diharuskan mengungsi, antara lain Dusun Sibintun, dan Dusun Lau Kawar.

Menurut Sutopo, Kepala BNPB Syamsul Maarif telah menginstruksikan agar persiapan pemulangan pengungsi dilakukan dengan baik dan bertahap.

Pemulang pera pengungsi dari 15 desa dan dua dusun akan diarahkan oleh Bupati Karo dengan mengumpulkan Kepala Desa. Tahap pertama pemulangan akan dilakukan bagi empat desa, yaitu Desa Batu Karang, Rimo Kayu, Cimbang, dan Ujung Payung.

"Para KK atau pria dewasa diharapkan membersihkan rumah dahulu. Setelah itu keluarganya akan difasilitasi kepulangannya," tulis Sutopo.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9046 seconds (0.1#10.140)