Belasan rumah di Dusun Kopen juga terancam longsor

Rabu, 29 Januari 2014 - 11:09 WIB
Belasan rumah di Dusun...
Belasan rumah di Dusun Kopen juga terancam longsor
A A A
Sindonews.com - Assesment (penaksiran) Tim Emergency Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (Lakpesdam) Nahdlatul Ulama menyebutkan, ada belasan rumah di sekitar Dusun Kopen, Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Jombang, yang terancam longsor.

Sekretaris Lakpesdam NU Kabupaten Jombang Lutfi Prasetyo Aji mengatakan, belasan rumah itu berada di sekitar lokasi yang terjadi bencana longsor saat ini.

"Di sebelah utara seberang sungai ada rumah yang berada di lereng atas tebing. Di tempat tersebut, setidaknya terdapat sembilan rumah. Rumah-rumah itu ada di lereng-lereng. Terlebih lagi kondisinya minim daerah resapan. Jika hujan deras makan terancam longsor," kata Lutfi saat dihubungi, Rabu (29/1/2014).

Tak hanya itu, dia menyebut ada dua rumah yang berada sekira 100 meter dari lokasi longsor. Dua rumah tersebut berada di bawah tebing. Sementara kondisi tebingnya mirip dengan lokasi longsor.

"Pemerintah harus memikirkan upaya relokasi bagi para warga tersebut. Karena, mereka terancam menjadi korban longsor," jelas Lutfi.

Upaya relokasi ini tentunya tidak jauh dari tempat semula. Terlebih, Bupati Jombang sempat menyatakan akan merelokasi warga dengan pertimbangan biaya akan ditanggung oleh APBD dan swadaya masyarakat.

"Pada intinya adalah mencari tempat yang aman. Karena upaya antisipasi terjadinya korban ketika terjadi bencana longsor," jelasnya.

Baca:
Isak tangis iringi tahlil korban longsor Jombang
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2229 seconds (0.1#10.140)