Surono: Gempa susulan di Kebumen wajar

Minggu, 26 Januari 2014 - 06:09 WIB
Surono: Gempa susulan...
Surono: Gempa susulan di Kebumen wajar
A A A
Sindonews.com - Mantan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono, menyatakan gempa susulan yang terjadi di Kebumen dan sekitarnya pasca gempa 6,5 Skala Richter (SR) kemarin, sebagai bagian yang wajar.

Menurut Surono, gempa itu terjadi lantaran pergerakan lempengan bersifat kontinyu dan bergerak cepat. Meski begitu, dia memastikan gempa susulan tak akan melebihi 6,5 SR.

"Gempa susulan memang pasti ada. Itu terjadi karena patahan yang membelah mencari keseimbangan baru untuk mengunci kembali. Kekuatannya pasti tak melebihi gempa pertama," ungkap Surono saat dihubungi SINDOnews, Sabtu (26/1/2014).

Dia pun menyebut, gempa yang terjadi di Kebumen merupakan patahan caesar laut. Hal ini menurut Surono, diakibatkan karena caesar mengalami gangguan dalam pergerakan lempengan, sehingga mengunci caesar laut di patahan tersebut.

"Kalau tsunami tidak mungkin karena tenaga caesar lempengan laut itu sudah terkuras saat Gunung Merapi meletus tahun 2010 lalu," ungkapnya.

Diketahui, gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter (SR) mengguncang Jawa Tengah dan sekitarnya. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa terjadi di 104 kilometer barat daya Kebumen - Jawa Tengah, dengan kedalaman 50 kilometer.

Baca:
Gempa Kebumen akibat pergerakan lempengan Indo-Australia
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7875 seconds (0.1#10.140)