Tambang meledak, 6 terbakar 40 terjebak

Jum'at, 24 Januari 2014 - 16:57 WIB
Tambang meledak, 6 terbakar...
Tambang meledak, 6 terbakar 40 terjebak
A A A
Sindonews.com - Kecelakaan kerja pekerja tambang kembali terjadi di Kota Sawahlunto. Lubang tambang Ngalai Tiga Kota Sawahlunto meledak. Enam orang tewas, 40 pekerja masih terjebak.

Berdasarkan informasi yang terhimpun, tambang yang meledak adalah tambang dalam yang dikelola oleh masyarakat. Menurut Edwin, warga setempat, saat ini upaya evakuasi masih dilakukan petugas SAR Sawahlunto, dan pekerja tambang lain.

"Sampai sore ini baru enam orang dievakuasi dalam keadaan tak bernyawa dan kondisi jasad hangus, 40 orang diduga terperangkap dalam tambang itu," ujarnya, saat dihubungi wartawan, Jumat (24/1/2014).

Menurut Ketua Ikatan Geologi Indonesia Provinsi Sumbar Ade Edward, peristiwaa nahas itu diduga dipicu akibat ledakan gas metan yang keluar dari lapisan batubara.

"Meledak dan terbakar dipicu percikan api, bisa dari peralatan listrik atau api rokok pekerja tambang. Atau bisa juga percikan api akibat besi beradu besi," terangnya.

Menurut Ade, enam korban tewas yang berhasil dievakuasi jasadnya sudah hangus dan sulit dikenali. Meledaknya tambang dalam yang dikelola rakyat di Sawahlunto adalah untuk kedua kali dalam kurun waktu 4,5 tahun.

"Seperti kejadian 2009 lalu, yang menewaskan 32 jiwa pekerja tambangnya. Saat ini Tim Basarnas dengan 20 personel sudah meluncur ke Sawahlunto," tukasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1375 seconds (0.1#10.140)