Pengungsi Sinabung siap ikuti arahan SBY, asal...

Jum'at, 24 Januari 2014 - 14:45 WIB
Pengungsi Sinabung siap ikuti arahan SBY, asal...
Pengungsi Sinabung siap ikuti arahan SBY, asal...
A A A
Sindonews.com - Sebagian pengungsi erupsi Gunung Sinabung berharap janji yang dilontarkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) terkait nasib mereka dapat terpenuhi.

Dalam pandangannya, mereka mau mengikuti arahan-arahan SBY bila tak merugikan mereka dan sesuai dengan apa yang diharapkan banyak pengungsi lainnya.

"Kami menyambut baik rencana relokasi yang dijanjikan pemerintah. Tapi dengan catatan. Kami baru mau pindah ke tempat relokasi kalau rumahnya layak, fasilitas lengkap, dan tidak jauh dari rumah kami semula," ungkap seorang pengungsi erupsi Sinabung, Kordi Sitepu, Jumat (24/1/2014).

Selain keinginan lokasi yang tak jauh dari lokasi sebelumnya, banyak dari pengungsi yang mengharapkan kelengkapan sarana transportasi warga. "Kalau diberi rumah namun tak ada angkutan pusing juga kami," tuturnya.

Sementara terkait rencana pemerintah yang akan mengganti hewan ternak yang mati, para pengungsi juga meminta syarat yang diajukan pemerintah dipermudah. Menurutnya, syarat yang diajukan pemerintah untuk memfoto ternak mereka yang mati sebagai bukti menyulitkan.

"Masa kami mesti cari bangkai binatang ternak kami dulu. Kami minta dipermudah dengan dilakukan pendataan saja," ujarnya.

Baca:
SBY tak tetapkan erupsi Sinabung bencana nasional
SBY serahkan penanganan Sinabung ke BNPB
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7390 seconds (0.1#10.140)