Kunjungi pengungsi Sinabung, SBY beri instruksi khusus

Kamis, 23 Januari 2014 - 17:46 WIB
Kunjungi pengungsi Sinabung, SBY beri instruksi khusus
Kunjungi pengungsi Sinabung, SBY beri instruksi khusus
A A A
Sindonews.com - Setelah empat bulan lebih terjadi erupsi, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hari ini meninjau pengungsi Gunung Sinabung, di dataran tinggi Karo, Sumatera Utara. Tidak lupa, Presiden mengajak Ibu Negara Ani Yudhoyono dan putra keduanya, serta sejumlah menteri.

Dalam kunjungannya, Kamis (23/1/2014), SBY meminta laporan langsung dari Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho dan Kepala Satgas Bencana Saberina Mars terkait perkembangan terkini Gunung Sinabung dan para pengungsi.

Setelah mendengarkan pemaparan Gubernur dan Kepala Satgas Bencana, SBY memberikan sedikitnya empat instruksi khusus kepada para menteri terkait, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara, dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo.

Di Sinabung, rombongan Presiden sempat mengunjungi posko utama pengungsi erupsi Sinabung, di Kantor DPRD Kabupaten Karo, di Jalan Veteran, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini, mendapatkan pengawalan ekstra ketat dari aparat kepolisian dan TNI bersenjata lengkap.

Instruksi Presiden yang pertama adalah keselamatan jiwa para pengungsi. Kedua adalah bantuan, pengelolaan, dan pelayanan kepada seluruh pengungsi. Ketiga, mencari solusi terkait rusaknya lahan petani yang menyebabkan puluhan ribu warga tidak mempunyai pekerjaan, dan perencanaan penghapusan atau pemutihan kredit para pengungsi di bank.

Terakhir, perencanaan relokasi rumah para pengungsi ke tempat yang lebih aman dan jauh dari Gunung Sinabung.

Presiden berharap, para menteri terkait dan kepala daerah dapat melaksanakan semua instruksi khusus tersebut tanpa menemui kendala.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.7105 seconds (0.1#10.140)