Aktivitas Sinabung masih sangat tinggi

Selasa, 21 Januari 2014 - 07:02 WIB
Aktivitas Sinabung masih...
Aktivitas Sinabung masih sangat tinggi
A A A
Sindonews.com - Staf Ahli Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup dr Ir Surono, menyatakan jika aktivitas Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, masih sangat tinggi.

Hal itu dikatakannya usai melakukan kunjungan ke pos pemantauan Gunung Sinabung, kemarin. Menurutnya, tak ada yang bisa memprediksi kapan aktivitas gunung tersebut akan berhenti.

"Tak ada yang bisa memprediksi, aktivitasnya masih amat tinggi. Maklumlah, sudah lama gunung ini tertidur, jadi jangan kaget setelah bangun seperti ini," ungkap Surono kepada SINDOnews, Selasa (21/1/2014).

Meski begitu, dia memastikan material gunung Sinabung tidak sebanyak Gunung Merapi. Atas kondisi tersebut, dia meminta warga untuk tidak panik.

"Kami imbau kepada warga untuk tetap bertahan di pengungsian. Karena aktivitasnya masih sangat tinggi," ungkap Mantan Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) itu.

Sementara itu, Panglima Daerah (Pangdam) I/Bukit Barisan (BB) Mayjen TNI Istu Hari menyebutkan sampai saat ini status Gunung Sinabung masih Awas level 4.

Lokasi pengungsian sendiri kini bertambah menjadi 42 titik penampungan dengan jumlah pengungsi mencapai 28.221 jiwa dari 8.873 Kepala Keluarga (KK).
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1318 seconds (0.1#10.140)