Gusti Joyo dimakamkan di sebelah kakaknya

Rabu, 01 Januari 2014 - 17:29 WIB
Gusti Joyo dimakamkan...
Gusti Joyo dimakamkan di sebelah kakaknya
A A A
Sindonews.com - Ribuan pelayat ikut mengiringi perjalanan pemakaman Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Joyokusumo dari rumah duka sampai lokasi pemakaman keluarga Keraton.

Karena banyaknya pelayat, iring-iringan kendaraan bahkan mengular panjang dengan menempuh perjalanan sekira 7 kilometer.

Jenazah Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Joyokusumo dimakamkan di Bangsal Tajuk, Kompleks Pasarean Hastorenggo Kotagede Yogyakarta.

Raja Keraton Sri Sultan HB X yang tak lain adalah kakak kandung almarhum melepas langsung pemberangkatan jenazah dari rumah duka di Ndalem Joyokusuman menuju Pasarean Hastorenggo.

Makam Gusti Joyo, sapaan akrab semasa masih hidup, berdampingan dengan makam kakaknya beda ibu, Kanjeng Raden Ayu (KRAy) Anom beserta suaminya, Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Adibrata. Makam Gusti Joyo terletak persis di sebelah timur makam kakaknya tersebut.

Sementara di lokasi pemakaman, salah satu kerabat Keraton, GBPH Yudhaningrat, sudah nampak bersiap di lokasi pemakaman. Dia merupakan adik almarhum yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Kebudayaan DIY. Dia yang memimpin upacara pemakaman di kompleks makam keluarga Keraton.

Baca:
Pemakaman Gusti Joyo tak dihadiri putri bungsunya
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0878 seconds (0.1#10.140)