Kapolda Papua: Manokwari sudah kondusif

Senin, 30 Desember 2013 - 16:51 WIB
Kapolda Papua: Manokwari...
Kapolda Papua: Manokwari sudah kondusif
A A A
Sindonews.com - Kapolda Papua Irjen Pol Tito Karnavian memastikan wilayah Manokwari, Papua Barat, berangsur kondusif pasca bentrokan dua kelompok warga tadi malam.

Hal itu dikatakannya saat melakukan kunjungan bersama Bupati Manokwari ke rumah korban tewas, Siwa Maryen, di Kampung Mulyono, Kelurahan Amban, Manokwari, Senin (30/12/2013).

Menurut Tito, arus lalu lintas saat ini sudah mulai lancar, dan sejumlah pertokoan sudah mulai dibuka kembali. Aktivitas warga pun perlahan telah berangsur-angsur normal.

Ia pun menyesalkan peristiwa yang menimbulkan jatuhnya korban jiwa. Aksi tersebut dinilainya sebagai aksi spontan dan tidak direncanakan. "Peristiwa ini bukan menjurus ke masalah SARA. Manokwari kini sudah kondusif," tegas Tito Karnavian.

Dalam kesempatan itu Tito mengatakan, jika enam gedung yang terbakar saat bentrokan akibat terkena percikan api petasan yang digunakan warga untuk saling serang.

"Terkait pengusutan kasus bentrokan, tetap dilakukan oleh penyidik polres dibantu penyidik Polda Papua. Untuk pelaku yang menewaskan korban sedang kami lakukan pengejaran," kata Tito.

Keluarga korban bentrok Manokwari sendiri menyerahkan sepenuhnya kasus ini ke pihak aparat berwenang. “Kami keluarga juga sudah menerima dengan lapang dada dan akan bertemu dengan semua kepala suku nantinya,” ucap perwakilan korban tewas, Hans Maryen.

Sebelumnya, situasi di Manokwari, Papua Barat, sempat mencekam Minggu malam saat bentrokan yang melibatkan dua kelompok warga pecah di Jalan Yos Sudarso, Manokwari. Bentrokan ini menyusul tewasnya warga Sanggeng yang diduga dianiaya di Pasar Tingkat sanggeng oleh sekelompok orang tak dikenal.

Baca:

Bentrok di Manokwari, 6 gedung dibakar, 1 tewas

6 gedung dibakar, Yos Sudarso Manokwari lumpuh total

Manokwari mencekam, anak-anak & perempuan diungsikan

Aparat buka paksa blokade di Jalan Yos Sudarso
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1188 seconds (0.1#10.140)