Kapal Bangkit Jaya tenggelam saat 18 ABK tertidur

Minggu, 22 Desember 2013 - 13:04 WIB
Kapal Bangkit Jaya tenggelam saat 18 ABK tertidur
Kapal Bangkit Jaya tenggelam saat 18 ABK tertidur
A A A
Sindonews.com - Awak KM Bangkit Jaya 1 yang tenggelam di perairan sekitar wilayah Kuala Pembuang, Kalimantan Tengah sedang tertidur saat kapal dihantam ombak besar, Sabtu (21/12/2013), hingga tenggelam.

Hal itu diutarakan salah satu anak buah kapal (ABK) yang ditemukan selamat, Tijo (sebelumnya ditulis Sijo) kepada Ketua Paguyuban Nelayan Kota Tegal, Eko Susanto, sesaat setelah diselamatkan dari terapung-apung di laut.

"Saat itu hanya Tijo yang tidak tidur karena dia kan KKM (kepala kamar mesin) jadi hari harus menjaga. 18 kru lainnya sedang tidur semua jadi tidak punya persiapan saat ombak menghantam," ujar Eko kepada SINDOnews, Minggu (22/12/2013).

Ombak tersebut menghantam bagian samping kapal Sabtu (21/12/2013) sekira pukul 04.00 Wib. Seketika kapal langsung tenggelam dan hanya terlihat bangkai bagian anjungannya saat dilakukan pencarian. "Hanya terlihat bagian atas kamar kapten. Krunya sudah tidak ada," beber Eko.

Menurut Eko, KM Bangkit Jaya 1 berangkat dari Pelabuhan Kota Tegal sejak satu pekan yang lalu. Di dalam kapal terdapat 1 nahkoda dan 18 ABK. Mereka berasal dari Kota Tegal, Brebes, dan Indramayu.

"Kami saat ini masih terus menunggu kabar pencarian yang saat ini masih dilakukan Polair Kalimantan," imbuh Eko.

Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Idonesia (HNSI) Kota Tegal, Mahmudi, saat dikonfirmasi membenarkan adanya kapal asal Tegal yang tenggelam tersebut.

"Kami mendengar informasi itu. Tapi kami belum menerima laporan dari pemiliknya," jelas Mahmudi saat dihubungi SINDOnews.

Baca juga: Kapal Bangkit Jaya tenggelam, 18 nelayan hilang
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7037 seconds (0.1#10.140)