Adu tembak dengan polisi, pelaku curas tewas

Senin, 09 Desember 2013 - 13:09 WIB
Adu tembak dengan polisi, pelaku curas tewas
Adu tembak dengan polisi, pelaku curas tewas
A A A
Sindonews.com - Achamd Fauzan warga Dusun Gunting, Desa Sentul, Kecamatan Purwodadi, Pasuruan, tewas setelah ditembus timah panas Petugas.

Kepala tim khusus curas Ditreskrimum Polda Jatim Kompol Arbaridi Jumhur mengatakan, sebelum kejadian Fauzan yang memang sudah menjadi target operasi dikuntit di wilayah Sidotopo. Saat itu, Fauzan terlihat berboncengan dengan rekannya sesama DPO bernama Rochim.

Dua anggota polisi yang juga berboncengan melakukan pengejaran terhadap dua pelaku. Tepatnya di Jalan Raya Suramadu yang mengarah ke Bangkalan, salah satu polisi menarik baju Fauzan yang posisinya dibonceng hingga akhirnya terjatuh.

"Rupanya saat terjatuh pelaku langsung mengambil pistol yang sudah dipersiapkan. Kemudian menembaki petugas," kata Jumhur kepada wartawan, di kamar mayat RSU Dokter Soetomo, Senin (9/12/2013).

Beruntung, tembakan pelaku tidak mengenai petugas. Hingga akhirnya, polisi membalas tembakan itu dan mengenai dada pelaku hingga tembus. Tertembus pelor, pria 37 tahun ini pun tumbang.

Fauzan tewas dalam perjalanan menuju rumah sakit. Sementara Rochim, berhasil melarikan diri, dan saat ini menjadi target operasi petugas. "Rochim adalah DPO kami dan dia juga pelaku curas," ujar Jumhur.

Dalam penyergapan itu, polisi menyita satu pistol rakitan, satu selongsong, dan dua peluru tajam di saku celana pelaku.

Berdasarkan informasi yang terhimpun, Fauzan merupakan penjahat curat yang pernah ditangkap di Malang, Pasuruan, Mojokerto, dan Sidoarjo.

Pelaku dilaporkan sudah 10 kali melakukan aksi kejahatan. Terakhir, bersama rekannya itu menyatroni sebuah rumah di kawasan malang dan menyekap si pemilik rumah. Fauzan dan rekannya juga pernah beraksi membajak truk. "Mereka ini tak segan-segan menyekap korbannya," kata Jumhur.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9391 seconds (0.1#10.140)