Cek HIV/AIDS gratis, cuma PSK yang antusias

Jum'at, 06 Desember 2013 - 11:49 WIB
Cek HIV/AIDS gratis, cuma PSK yang antusias
Cek HIV/AIDS gratis, cuma PSK yang antusias
A A A
Sindonews.com - Pagi ini, puluhan Pekerja Seks Komersial (PSK) yang biasa mangkal di lokalisasi Alaska, Patean, Kendal, Jawa Tengah (Jateng) nampak antre untuk diambil darahnya.

Hal ini berbeda dengan antusias warga masyarakat dan pelajar sekitar yang nampak enggan memeriksakan darahnya apakah terjangkit virus memarikan HIV/AIDS, atau tidak.

Para PSK justru tidak canggung dan malu bahkan sangat antusias saat memeriksakan darahnya ke petugas kesehatan yang sudah stand by sedari pagi.

Satu persatu darah mereka diambil dan diperiksa tim VCT Rumah Sakit Islam Weleri Kendal. Kegiatan yang dilaksanakan gratis ini, merupakan rangkaian dari peringatan hari AIDS internasional.

"Saya periksa karena ingin tahu apa saya kena HIV atau tidak. Karena kan profesi saya sangat rentang terkena virus ini. Karena kan banyak orang yang masuk," jelas seorang PSK, SF, Jumat (6/12/2013).

Sementara itu, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS Kendal, Aral Purno Waluyo, mengatakan, berdasarkan data yang dimilikinya, jumlah penderita HIV/AIDS di Kendal terus meningkat.

"Selama tahun 2013 hingga bulan November ini tercatat, 73 kasus yang terdiri dari 47 kasus HIV dan 26 kasus AIDS," jelas Aral Purno.

KPA Kendal sendiri rencananya mengundang pejabat termasuk bupati, wakil bupati dan muspida Kendal untuk ikut pemeriksaan darah. Namun hingga selesai kegiatan, tidak ada satupun pejabat yang memeriksakan darahnya.

"Kesibukan akhir tahun mengakibatkan pejabat tidak ikut pemeriksaan darah," jelasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6248 seconds (0.1#10.140)