Satlantas Tana Toraja tilang 75 kendaraan

Minggu, 01 Desember 2013 - 19:23 WIB
Satlantas Tana Toraja tilang 75 kendaraan
Satlantas Tana Toraja tilang 75 kendaraan
A A A
Sindonews.com - Puluhan kendaraan roda dua dan roda empat terjaring dalam Operasi Zebra yang dilaksanakan jajaran Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Tana Toraja, selama empat hari.

Kepala Satlantas Polres Tana Toraja AKP Andi Muh Zakir menyatakan, hingga hari keempat pelaksanaan operasi Zebra 2013 (28 November-1 Desember), sekitar 75 kendaraan roda dua dan roda empat ditilang karena melanggar aturan lalulitas yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalulintas.

Dalam pelaksanaan Operasi Zebra 2013, jajaran Satlantas Polres Tana Toraja juga menindak pengendara kendaraan di bawah umur, kendaraan angkutan umum yang menggunakan plat gantung (palsu) serta kendaraan truk bak terbuka yang digunakan untuk angkutan massal.

40 personil Satlantas Polres Tana Toraja yang diterjunkan dalam pelaksanaan operasi Zebra, juga melakukan tindakan dengan memberikan peringatan atau teguran kepada pengendaran kendaraan yang melakukan pelanggaran skala kecil. Diantaranya, pengendara kendaraan lupa membawa surat kendaraan serta pengendara kendaraan yang tidak menyalakan lampu kendaraan di siang hari.

“Kendaraan yang terjaring selama empat hari pelaksanaan operasi Zebra 2013 masih didominasi oleh kendaraan roda dua,” ujar Muh Zakir di Makale, Minggu (1/12/2013).

Muh Zakir mengatakan operasi Zebra 2013 dilaksanakan di wilayah hukum Polres Tana Toraja selama 14 hari mulai 28 November hingga 11 Desember 2013 mendatang. Tujuannya, untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan lalulintas di kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara yang menjadi wilayah hukum Polres Tana Toraja.

Sasaran Operasi Zebra 2013 yakni pengendara dan kendaraan yang melanggar aturan lalulitas yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalulintas. Pengalaman, sebagian besar kecelakaan lalulintas yang terjadi di wilayah kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara terlebih dahulu diawali dengan pelanggaran lalulintas.

Perwira Pertama Polri itu mengimbau kepada seluruh pengendara kendaraan untuk senantiasa disiplin dalam berlalulintas. Tingginya kendaraan yang terjaring dalam operasi Zebra 2013 menunjukkan tingkat disiplin pengendara kendaraan di wilayah hukum Polres Tana Toraja masih rendah. Satlantas Polres akan melakukan tindakan terhadap para pengendara maupun kendaraan yang melanggar aturan berlalulintas.

“Setiap kendaraan yang melanggar aturan berlalulintas akan kami tindak sesuai dengan tingkat pelanggarannya. Jika pelanggaran skala kecil akan kami beri peringatan. Tapi jika berpotensi menimbulkan kecelakaan lalulintas akan kami tilang,” jelas mantan Kapolsek Tondon Nanggala itu.

Ditambahkan Zakir, operasi Zebra 2013 akan difokuskan pada tempat-tempat yang rawan terjadi pelanggaran lalulintas. Satlantas Polres Tana Toraja juga giat melakukan patroli di ruas-ruas jalan yang sering terjadi kemacetan lalulintas. Hal itu dilakukan untuk kelancaran arus lalulintas selama pelaksanaan kegiatan pariwisata Lovely Desember di Tana Toraja dan Toraja Utara.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7193 seconds (0.1#10.140)