Kadinkes Jabar dilaporkan ke Ombudsman RI

Kamis, 28 November 2013 - 15:10 WIB
Kadinkes Jabar dilaporkan ke Ombudsman RI
Kadinkes Jabar dilaporkan ke Ombudsman RI
A A A
Sindonews.com - Himpunan Lembaga Konsumen Indonesia (HLKI) melaporkan aksi solidaritas dokter ke Ombudsman Perwakilan Jawa Barat. Pihak yang dilaporkan adalah Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat, Alma Lucyati, dan sejumlah kepala rumah sakit di Jawa Barat.

Mereka dilaporkan karena dinilai melakukan pembiaran atas aksi dokter yang tidak memberikan pelayanan dalam sehari. Pelayanan publik pun terganggu.

Selain melaporkan pihak-pihak itu, HLKI juga akan melaporkan pihak lain, yaitu Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi. Pelaporan akan dilakukan ke Ombudsman RI di Jakarta.

"Besok kita akan melaporkan Menkes ke Ombudsman RI," kata Ketua HLKI, Firman Turmantara, di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (28/11/2013).

Senada dengan Alma dan sejumlah kepala rumah sakit yang dilaporkan, Menkes dinilai juga melakukan pembiaran terhadap aksi dokter. "Mereka sengaja membiarkan tenaga medis dan non medisnya melakukan demo," jelasnya.

Soal kriminalisasi yang dialami dr. Ayu dan kawan-kawan, Firman mengatakan kasus itu bukan semata-mata kriminalisasi. "Dalam pidana sudah diatur soal kelalaian yang mengakibatkan nyawa orang melayang," ucapnya.

Ia lalu mempertanyakan perlindungan terhadap pasien. "Kalau pasien meninggal (karena operasi) tidak ada yang berdemo. Di sini barangkali masih sedikit yang peduli terhadap nasib pasien," cetusnya.

Firman lalu menyoroti banyaknya kasus malpraktik yang hingga kini belum tuntas. "Banyak kasus malpraktik tapi sampai sekarang tidak jelas," tandasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9263 seconds (0.1#10.140)