Petani pegunungan Kendeng ngadu ke KPK

Senin, 25 November 2013 - 14:26 WIB
Petani pegunungan Kendeng ngadu ke KPK
Petani pegunungan Kendeng ngadu ke KPK
A A A
Sindonews.com - Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK) mendatangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siang ini. Mereka ingin melaporkan rencana pembangunan pabrik semen di daerahnya.

Menurutnya, pembangunan pabrik milik PT Sahabat Mulia Saki akan dilakukan di kawasan pegunungan Kendeng Utara, Pati, Jawa Tengah. Mereka khawatir keberadaan pabrik mengancam kelestarian pegunungan.

"Pertambangan terus mengancam kelestarian pegunungan Kendeng Utara," kata Sakijan, perwakilan JMPPK di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Senin (25/11/2013).

Belasan petani tersebut tampil dengan pakaian adat setempat yang serba hitam. Dia datang membawa hasil bumi m untuk diserahkan ke KPK.

Hasil bumi eperti padi, singkong, nangka, ubi, mangga, kacang tanah, pisang dan hasil bumi lainnya, merupakan sumber kehidupan mereka dan warga lainnya di Kendeng.

Petani Pegunungan Kendeng dikenal sebagai warga Samin yang memegang teguh adat leluhur. Dari obrolan antar mereka logat jawa-nya masih sangat kental.

Masih menurut Sakijan sosialiasasi pembangunan pabrik itu kini sudah mulai dilakukan. "Tiba-tiba mereka mulai melakukan sosialisasi rencana pembangunan pabrik semen dan penyusunan amdal untuk pertambangan," ujar dia.

Warga setempat sejak 2006 lalu aktif melakukan penolakan ekploitasi kawasan pegunungan Kendeng Utara. Upaya penolakan itu membuat PT. Semen Gresik tbk pada tahun 2008 lalu juga mundur.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6245 seconds (0.1#10.140)