Sinabung Awas, masker gratis dibagikan ke warga

Senin, 25 November 2013 - 07:35 WIB
Sinabung Awas, masker gratis dibagikan ke warga
Sinabung Awas, masker gratis dibagikan ke warga
A A A
Sindonews.com - Peningkatan aktivitas Gunung Sinabung, yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), memaksa Pemerintah Kota (Pemkot) Medan segera mengambil sikap.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Medan, Anna Lore Simanjuntak, salah satu langkah yang dilakukan Pemkot Medan adalah membagikan masker kepada masyarakat secara gratis.

"Pembagian masker kami lakukan dalam dua hari, kemarin dan hari ini. Pemkot Medan membagikan sedikitnya 10-12 ribu masker kepada masyarakat, dan ini sifatnya gratis," jelas Anna kepada SINDOnews, Senin (25/11/2013).

Anna melanjutkan, pembagian masker gratis ini dilakukan sebagai langkah antisipasi gangguan kesehatan warga mengingat dampak debu vulkanik yang berbahaya. BPBD, lanjutnya, tak bergerak sendiri. Kecamatan, puskesmas, hingga pihak sekolah juga turut dilibatkan untuk mekanisme pembagiannya.

"Kami bagikan kepada siapa saja warga, baik pengendara roda dua, pengendara roda empat, dan warga sekitar Medan," ujarnya.

Anna pun mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terkait aktivitas Gunung Sinabung yang berstatus Awas. Menurutnya, kewaspadaan itu bisa berbentuk penggunaan pelindung jika beraktivitas di luar ruangan, seperti topi, kacamata, dan masker.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4575 seconds (0.1#10.140)