Operasional KA jalur ganda Waleri-Kaliwungu terganggu

Jum'at, 22 November 2013 - 11:30 WIB
Operasional KA jalur ganda Waleri-Kaliwungu terganggu
Operasional KA jalur ganda Waleri-Kaliwungu terganggu
A A A
Sindonews.com - Jalur ganda antara Stasiun Weleri hingga Stasiun Kaliwungu Kendal, Jawa Tengah, mulai dioperasionalkan. Perjalanan kereta api yang melintas di jalur sepanjang 21 Kilometer itu, akan ditempuh dalam waktu singkat, karena dua rel dapat dilalui.

Namun demikian, proses ganti rugi di wilayah Semarang yang belum selesai, mengakibatkan proyek rel ganda ini terhambat.

Kepala satuan kerja pembanguan rel ganda Tegal Pekalongan Semarang Sutrisno mengatakan, jalur ganda antara Weleri hingga Kaliwungu tergolong cepat. Proses pembebasan tanah, tidak mengalami hambatan dan pekerjaannya dapat selesai 18 bulan.

Dikatakan Sutrisno, pembangungan rel ganda dari Tegal hingga Semarang sudah hampir selesai. Pekerjaan rel ganda sudah mencapai 90 persen, tinggal menyelesaikan pembebasan disejumlah tempat, termasuk di wilayah Semarang.

Jalur ganda antara Stasiun Weleri hingga Stasiun Kaliwungu, sepanjang 21 Kilometer, anggaran yang disiapkan untuk pembangunan rel ganda dari Tegal hingga Semarang diperkirakan mencapai Rp21 triliun.

Target pembangunan adalah April 2014. Jalur ganda ini, harus sudah selesai dikerjakan dan bisa dilalui kereta api, pada target yang ditentukan, sehingga akan mempercepat waktu tempuh.

Selain menuntaskan pembangunan rel ganda, Sutrisno mengatakan, saat ini PT KAI memperkuat koordinasi dengan pemerintah Kabupaten Kendal, terkait banyaknya lintasan menyeberang rel kereta yang tak berpalang pintu di wilayah itu.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7433 seconds (0.1#10.140)