Pilkada Garut putaran kedua berlangsung tertib

Senin, 18 November 2013 - 02:39 WIB
Pilkada Garut putaran...
Pilkada Garut putaran kedua berlangsung tertib
A A A
Sindonews.com - Pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Garut 2013 putaran kedua berlangsung tertib. Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Garut, Aja Rowikarim mengatakan, antusias masyarakat yang berhak menyalurkan hak pilihnya sangat tinggi.

“Dari beberapa laporan sejumlah PPS, masyarakat sudah berbondong-bondong datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) sejak proses pemungutan suara di pukul 07.30 WIB dimulai,” kata Aja kepada wartawan, di Garut, Jawa Barat, Minggu 17 November 2013.

Pemungutan suara sendiri dilaksanakan serempak pada 4.064 TPS yang tersebar di 42 kecamatan Kabupaten Garut. Dari TPS sebanyak ini, beberapa diantaranya merupakan TPS khusus yang ditempatkan seperti di Lapas Kelas IIB Garut dan RSUD dr Slamet Garut.

“Khusus untuk di Lapas Garut, kita siapkan TPS untuk warga binaan yang berhak memilih. Jumlah pemilih di lapas, mencapai sebanyak 580 orang. Sementara di rumah sakit, itu hanya diperuntukan bagi pasien atau kerabat pasien yang membawa formulir model A8. Jadi kami tidak tahu berapa orang pemilih di rumah sakit,” ujarnya.

Menurut Aja, KPUD Garut saat ini menargetkan tingkat partisipasi pemilih sebanyak 65,11 persen seperti pada Pilkada Garut 2013 putaran pertama. Adapun jumlah pemilih yang tercatat untuk berpartisipasi di pemilihan putaran kedua mencapai sebanyak 1.760.130 orang.

Anggota Divisi Pengawasan dan Hukum KPU Provinsi Jabar Agus Rustandi mengatakan, dari pemantauan yang ia lakukan hingga pukul 12.00 WIB, pelaksanaan pemungutan suara lancar tanpa kendala apapun. Sebelumnya, pihaknya sempat khawatir pemungutan suara ini akan terkendala oleh cuaca.

“Saat ini di Garut sudah masuk musim penghujan. Sejak pagi sampai siang cuacanya mendung. Kalau hujan, kami khawatir akan terjadi penurunan jumlah para pemilih,” ucapnya.

Menurutnya, kekhawatiran ini bisa terjadi bagi para penduduk Garut yang tinggal di kawasan perbukitan. Cuaca hujan, dapat membuat akses jalan di perbukitan menjadi licin dan berlumpur.

“Namun syukur alhamdulillah, apa yang kami khawatirkan tidak terjadi. Warga sangat bersemangat datang ke TPS,” katanya.

Sementara itu, para pasangan Calon Bupati (Cabup) Garut, Agus Hamdani-Abdusy Syakur Amin dan Rudy Gunawan-Helmi Budiman, menyalurkan hak pilihnya di kediaman mereka masing-masing. Cabup Agus Hamdani, menyampaikan hak suaranya di TPS 01 Kampung Burujul, Desa Limbangan Tengah, Kecamatan Limbangan, sedangkan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Abdusy Syakur Amin, menyampaikan suaranya di TPS 02 Desa Jayaraga, Kecamatan Tarogong Kidul.

Terpisah, Cabup Rudy Gunawan menyampaikan suara di TPS 08 Kampung Padasari Cimalaka, Desa Cinunuk, Kecamatan Wanaraja, sedangkan Cawabup Helmi Budiman di TPS 01 Kampung Cisanca, Desa Mekarwangi, Kecamatan Tarogong Kaler.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1142 seconds (0.1#10.140)