Monumen perjuangan rakyat Cirebon mulai dibangun

Selasa, 12 November 2013 - 02:28 WIB
Monumen perjuangan rakyat Cirebon mulai dibangun
Monumen perjuangan rakyat Cirebon mulai dibangun
A A A
Sindonews.com - Setelah sempat mengundang kontroversi akibat pembangunan Kantor Bappeda di lokasi yang diwacanakan untuk monumen perjuangan, Wali Kota Cirebon Ano Sutrisno akhirnya memenuhi janjinya kepada para pejuang kemerdekaan.

Monumen Perjuangan Rakyat Cirebon dibangun depan kantor Bappeda baru yang bangunannya masih dikerjakan, di Jalan Brigjen Dharsono. Pembangunan monumen perjuangan ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Ano, usai upacara peringatan Hari Pahlawan, Minggu 10 November 2013.

“Momennya bertepatan dengan Hari Pahlawan, dan monument ini bisa jadi ikon Kota Cirebon yang baru,” kata dia, kepada wartawan, Senin (11/11/2013).

Ditambahkan dia, pihaknya menargetkan monumen tersebut sudah bisa diresmikan bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 2014 mendatang. Diharapkan, monumen itu bisa menjadi inspirasi perjuangan generasi masa kini, dan masa depan.

Salah satu mantan pejuang yang juga Sekretaris Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Supriyadi menyambut baik dibangunnya monumen tersebut. Keberadaan monumen itu sendiri, merupakan keinginan para pejuang sejak lama.

“Di lokasi ini, telah terjadi pembantaian terhadap 15 orang pejuang oleh tentara KNIL tahun 1947. Belasan pejuang berusaha menghalangi penjajah Belanda yang hendak membunuh dua orang komandan Kompi TKR,” kata dia.

Pengorbanan para pejuang itu, layak dikenang dan diberi penghargaan berupa monumen perjuangan. Tragedi tersebut, tak boleh dilupakan begitu saja. Karena itu, dia berharap, monumen perjuangan berdiri sesuai target dan diresmikan pada 10 November 2014 nanti.

“Bagi kami, monumen itu lebih untuk mengingatkan generasi muda atas pengorbanan pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan, khususnya di Cirebon,” jelas dia.

Sebelumnya, pembangunan kantor Bappeda di Jalan Brigjen Dharsono, kawasan Tamansari, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, diprotes dan disayangkan kalangan Pejuang Veteran Cirebon. Pasalnya, pembangunan kantor baru Bappeda berdiri tepat di atas lahan yang dijanjikan Pemkot Cirebon untuk membangun monumen perjuangan rakyat Cirebon.

Meski janji itu dikemukakan Wali Kota Cirebon Khumaedi, kalangan veteran hingga kini masih memegangnya dan meyakini memang akan diperuntukkan sebagai lokasi berdirinya monumen.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8071 seconds (0.1#10.140)
pixels