Pembebasan lahan JLU dimulai 2014

Jum'at, 08 November 2013 - 21:13 WIB
Pembebasan lahan JLU dimulai 2014
Pembebasan lahan JLU dimulai 2014
A A A
Sindonews.com - Babak baru rencana pembangunan jalur lingkar utara (JLU) di Kota Pasuruan akan segera dimulai. Pada tahun 2014 mendatang, Pemkot Pasuruan akan memulai pembebasan lahan sepanjang 10 KM yang menembus perkampungan pesisir pantai utara (pantura).

Dengan modal tabungan dana cadangan yang telah terkumpul sebesar Rp60 miliar, pembebasan lahan JLU ini diharapkan dapat terselesaikan. Sementara pembangunan konstruksi jalan, akan mendapatkan kucuran dana dari pemerintah pusat.

Wali Kota Pasuruan, Hasani, mengungkapkan, pengumpulan dana cadangan ini telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Pada tahun anggaran 2014 ini, tabungan dana cadangan tersebut telah terkumpul Rp60 miliar. Dana cadangan tersebut akan dipergunakan untuk pembebasan lahan.

"Pembebasan lahan JLU akan dimulai tahun 2014 mendatang. Kami berharap, pembebasan lahan tuntas pada tahun anggaran tersebut. Sementara pembangunan konstruksi akan dilakukan setelah mendapat bantuan dari pemerintah pusat," kata Hasani usai memberikan pengantar nota keuangan RAPBD 2014 di DPRD Kota Pasuruan, Jumat (8/11/2013).

Menurutnya pembebasan lahan sebagai langkah awal untuk membuka akses jalan di kawasan pesisir pantura. Akses jalan ini akan memberikan multiplier effeck bagi masyarakat setempat.

Karena itu, ia berharap dukungan masyarakat agar rela melepaskan hak kepemilikan tanah untuk kepentingan umum.

"Kami sudah menyosialisasikan rencana pembangunan JLU ke masyarakat. Kami berharap masyarakat mendukung program tersebut. Karena dengan harga standar yang ditawarkan, masyarakat akan mendapatkan nilai ekonomis yang lebih baik setelah program terlaksana," tandas Hasani.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Kota Pasuruan, Eko Saroyo mengungkapkan, pihaknya telah menyelesaikan studi kelayakan pembangunan JLU. Jalan lingkar yang menyusuri pantai ini hampir sama dengan kawasan wisata Pantai Marina.

Menurutnya, pembangunan JLU ini akan berdampak positif bagi pengembangan kawasan pantura yang selama ini tertinggal dalam pembangunan. Kawasan ini diharapkan tumbuh sebagai kawasan industri dan jasa.

"Pembangunan JLU diharapkan dapat membawa perubahan perekonomian bagi masyarakat setempat. Sehingga kesejahteraan masyarakat menjadi lebih baik," katanya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4299 seconds (0.1#10.140)