Kejar teroris, Densus sisir 3 wilayah di Sulsel

Senin, 21 Oktober 2013 - 00:56 WIB
Kejar teroris, Densus sisir 3 wilayah di Sulsel
Kejar teroris, Densus sisir 3 wilayah di Sulsel
A A A
Sindonews.com - Pasca penangkapan teroris di Kabupaten Bone pekan lalu, hingga kini Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri terus melakukan pengejaran terhadap jaringan kelompok ini di Sulsel.

Informasi yang dihimpun KORAN SINDO, sedikitnya terdapat tiga titik daerah yang menjadi fokus pengejaran oleh detasemen berlambang burung hantu itu.

Pengejaran tersebut berdasarkan hasil interogasi dari kedua terduga teroris yang ditangkap hidup-hidup oleh petugas di Kab Bone, Kamis (17/10) lalu. Keduanya masing-masing Jodi alias Umair (37) dan Ahmad Iswan (17).

"Sekarang Tim Densus masih di Makassar melakukan pengembangan. Selain itu, juga ada dua daerah yang juga dilakukan pendalaman," ujar sumber di Polda Sulselbar kemarin.

Perwira menengah Polri yang enggan dikorankan identitasnya ini mengatakan, pihaknya belum mengetahui pasti berapa orang yang menjadi target buruan Densus selanjutnya.

"Hanya itu yang saya tahu. Soal detailnya, Densus masih tertutup," bebernya.

Kepala Bagian Penerangan Umum Kabagpenum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol Agus Rianto yang dikonfirmasi, tak membantah hal tersebut.

Menurut Agus, pengembangan yang dilakukan aparat kepolisian terus akan berjalan, jika ditemukan informasi keberadaan terduga teroris lainnya.

"Perburuan (di Sulsel) itu tergantung kebutuhan," akunya dalam pesan singkatnya kepada KORAN SINDO.

Sejauh ini, tambahnya, pihak Mabes Polri masih melakukan pendalaman untuk mengungkap jaringan dari terduga teroris di Bone.

Termasuk asal usul sejumlah pupuk yang diduga kuat sebagai bahan peledak di rumah salah satu terduga teroris di Kec Amali Kab Bone.

"Kita masih mendalaminya, termasuk mengusut asal muasal dan pemanfaatan barang bukti tersebut," paparnya kemarin.

Terpisah, Kabid Humas Polda Sulselbar Kombes Pol Endi Sutendi mengaku, kalau dua terduga teroris asal Bone sudah diterbangkan ke Jakarta sejak Sabtu (19/10) lalu.

Endi mengakui, kedua terduga jaringan teroris ini akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut oleh Tim Densus di Mabes Polri.

Apakah Jodi dan Ahmad Iswan sudah ditetapkan sebagai tersangka? Endi berkilah, sampai sekarang pihaknya belum mendapat informasi.

"Tentunya penyidik masih punya waktu beberapa hari ke depan. Tentu penyidik akan sangat teliti dalam menetapkan dan melakukan penahanan terhadap seorang tersangka," pungkasnya.

Diberitakan, Tim Densus Mabes Polri menyergap tiga terduga teroris di di Desa Alinge, Kecamatan Ulaweng, Bone.

Dalam pengepungan yang terjadi sekitar pukul 14.15 Wita ini, dua terduga teroris berhasil diamankan hidup-hidup, sedangkan satu lainnya ditembak mati.

Pelaku yang ditembak mati ini diketahui bernama Suardi alias Pak Guru, 50, warga Dusun Cebba Kec Amali Kab Bone. Suardi tertembus timah panas tepat di bagian dadanya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0310 seconds (0.1#10.140)