Pendaki hilang di Gunung Merapi akhirnya ditemukan

Selasa, 15 Oktober 2013 - 07:30 WIB
Pendaki hilang di Gunung Merapi akhirnya ditemukan
Pendaki hilang di Gunung Merapi akhirnya ditemukan
A A A
Sindonews.com - Korban pendaki hilang di Gunung Merapi, Arief Wicaksono, warga Maguwoharjo, Depok, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akhirnya berhasil ditemukan ttim Search and Rescue (SAR). Arief berhasil ditemukan di sisi tenggara Gunung Merapi, atau tepatnya berada di Pasar Wewe.

Hal itu ditegaskan Komandan SAR BPBD Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo kepada Sindonews, Selasa (15/20/2013). Menurutnya, Arief ditemukan dalam kondisi selamat. "Ia (Arief) sudah ditemukan, kondisinya selamat," jelas Kurniawan Fajar Prasetyo.

Menurutnya, pihaknya mendapatkan informasi ditemukanya Arif setelah tim melakukan pencarian melalui Deles Klaten.

Evakuasi korban sendiri dilakukan malam hari ke bawah melalui jalur pendakian Deles Klaten. Korban sendiri akhirnya tiba di bawah sekira pukul 22.00 Wib.

"Sebelumnya kita pikir ada di antara Alas Kutup Deles Klaten, hutan Larangan Kujon Wonodoyo Cepogo, hutan di Sanggup dan Mriyan Musuk, tapi ternyata tidak," jelasnya.

Untuk melakukan pencarian, pihaknya sendiri menerjunkan dua regu, yakni regu assessment, dan survey area. "Di bawah, kami juga menyiapkan petugas di Posko SAR DIY, sehingga pas ada kabar ditemukan langsung cepat kita tindaklanjuti," tuturnya.

Diketahui, Arief Wicaksono sebelumnya dikabarkan hilang di Gunung Merapi, setelah sebelumya melakukan pendakian bersama lima rekannya, Sabtu (12/10/2013), sekira pukul 16.00 Wib. Mereka melakukan pendakian melalui jalur Selo, Boyolali.

Saat perjalanan turun, Arif berada di posisi paling depan diantara rekan-rekannya. Namun saat sampai bawah, Arif terpisah dari rombongan dan keberadaanya tidak diketahui. Hal ini kemudian dilaporkan kepada petugas. Petugas kemudian menyebarkan informasi tersebut dan melakukan pencarian.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5892 seconds (0.1#10.140)