Jemaah Latiful Akbar Lebaran hari ini

Senin, 14 Oktober 2013 - 11:20 WIB
Jemaah Latiful Akbar Lebaran hari ini
Jemaah Latiful Akbar Lebaran hari ini
A A A
Sindonews.com - Hari ini, jemaah Latiful Akbar, di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel), melaksanakan salat Idul Adha secara berjamaah. Tindakan itu, dilakukan bukan untuk menentang kebijakan pemerintah yang baru memperingati Idul Adha, pada Selasa 15 Oktober 2013.

Menurut perhitungan jemaah Latiful Akbar, Hari Raya Idul Adha 1434 Hijriah jatuh pada hari ini. Dengan adanya perbedaan itu, mereka justru menganggapnya sebagai keragaman beragama di Indonesia.

Salat Idul Adha jemaah Latiful Akbar dilaksanakan di sebuah mesjid yang mereka dirikan sendiri, di Dusun Maccede, Kelurahan Bajoe, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone.

Saat menjalankan ibadah, puluhan jemaah terlihat sanat hikmat. Salat dipimpin seorang imam H. Hadrawi Daeng Parani yang juga pimpinan Yayasan Jamaah Latiful Akbar.

Usai melaksanakan salat Idul Adha, puluhan jemaah tersebut mendengarkan khotbah. Kemudian, diakhiri dengan acara salam-salaman sambil berpelakukan dengan tujuan untuk saling memaafkan atas dosa-dosa yang telah diperbuat. Sejumlah jemaah bahkwan terlihat menangis karena haru.

Menurut H Hadrawi Daeng Parani, perbedaan pelaksanaan salat Idul Adha ini bukan berarti menentang keputusan pemerintah. Namun disebabkan karena perhitungan tanggal mereka yang menentukan bahwa tadi malam adalah bulan 10 Zulhijah.

Dia menambahkan, bahwa perbedaan pelaksanaan salat Idul Adha adalah merupakan wujud keberagaman diantara umat Islam. Namun tetap berpegang pada ukhuwah Islamiah, menjalin silaturahmi dengan baik tanpa mengganggu umat lainnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0538 seconds (0.1#10.140)