Kambing bertanduk 4 milik Sukito bawa berkah?

Jum'at, 11 Oktober 2013 - 20:26 WIB
Kambing bertanduk 4...
Kambing bertanduk 4 milik Sukito bawa berkah?
A A A
Sindonews.com - Inilah kambing bertanduk empat milik Sukito (40), warga Desa Munungrejo, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Jatim).

Secara umum, fisik kambing yang sudah berusia tiga tahun ini normal seperti kambing-kambing lainnya. Makanannyapun juga normal, seperti rumput atau makanan fragmentasi seperti kambing-kambing lainnya.

Namun yang membuatnya berbeda adalah empat buah tanduk di kepalanya. Ya, pada umumnya kambing jenis Gibas seperti ini tidak bertanduk, atau kalaupun punya tanduk, paling hanya dua buah (sepasang) saja.

Sontak, kambing milik Sukito ini menghebohkan warga Desa Munungrejo, lantaran empat tanduk yang menghias kepalanya. Dua tanduk berdiri memanjang di atas kepala, sedangkan dua tanduk lainnya memanjang ke samping kanan dan kiri di atas telinga.

Sukito mengaku mendapatkan kambing unik ini sejak usianya masih kecil di pasar hewan. Sukito tidak menyangka setelah kambingnya tumbuh menjadi besar, empat buah tanduk di atas kepalanya juga akan ikut memanjang dan menghias di kepalanya seperti sekarang.

Sukito sangat menyayangi kambingnya yang satu ini, karena meski sudah puluhan tahun berprofesi sebagai pedagang kambing baru kali ini ia mendapatkan dan memiliki kambing unik.

"Menjelang hari raya Idul Adha seperti sekarang, kambing saya sering ditawar orang, bahkan hingga seharga Rp20 juta. Namun saya engak jual," jelas Sukito, Jumat (11/10/2013).

Selain menganggapnya unik dan langka, Sukito tetap enggan melepas kambing kesayangannya tersebut karena dianggap membawa keberuntungan.

Menurut Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Jombang, Ahmad Baidowi, bahwa kambing bertanduk empat milik Sukito mengalami kelainan genetis.

"Karena fisiknya yang lain tidak mengalami cacat, kambing seperti ini tetap laik dan boleh dikurbankan," jelas Ahmad Baidowi.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1636 seconds (0.1#10.140)