Diperiksa polisi karena nyabu, caleg Nasdem syok

Rabu, 09 Oktober 2013 - 16:58 WIB
Diperiksa polisi karena nyabu, caleg Nasdem syok
Diperiksa polisi karena nyabu, caleg Nasdem syok
A A A
Sindonews.com - Meski sudah menjalani pemeriksaan 1x24 jam, Direktorat Narkoba Polda Sulselbar belum meningkatkan status Caleg DPR RI asal Sulsel dari Partai Nasdem, Zachbidin Jis Habie (42), sebagai tersangka.

Penyidik berasalan, hingga sore ini, pihaknya masih menunggu hasil laboratorium dari tes urine dan tes darah yang bersangkutan dari Labfor Mabes Polri Cabang Makassar.

Selain itu, Direktorat Narkoba Polda juga masih ingin memastikan dua paket serbuk haram yang diduga kuat sebagai sabu tersebut.

"Kasus ini masih dalam penyelidikan, belum ditingkatkan ke penyidikan. Itu berarti, caleg berinisial Z ini masih sebatas saksi," kata Direktur Direktorat Narkoba Polda Kombes Pol Aziz Djamaluddin, Rabu (9/10/2013).

Dalam setiap kasus narkotika, kata Aziz, penyidik diberikan kewenangan selama 3x24 jam untuk menetapkan seseorang sebagai tersangka atau hanya sebatas saksi.

Saat memberikan keterangan pers di Mapolda, perwira menengah Polri ini mengaku, dari hasil penyelidikan sementara, Zachbidin alias Didi diduga kuat telah lama mengkomsumsi sabu.

Bahkan saat penangkapan berlangsung pada Selasa (8/10) sore kemarin, barang bukti dan alat isap narkoba ditemukan tepat di atas meja kerja konsultan konstruksi ini.

"Ada dua paket yang kita amankan. Satu masih terisi, dan satunya lagi sudah terpakai. Ini kita temukan di atas mejanya, dan saat itu tersangka sedang duduk di kursi," ujarnya.

Meski demikian, polisi sulit mengorek keterangan lebih detil dari keberadaan narkoba tersebut di atas meja kerja Zachbidin. Pasalnya, caleg Nasdem ini beberapa kali menolak dimintai keterangannya dengan alasan mengalami gangguan pada lambungnya serta mengalami syok. Bahkan sepanjang Selasa hingga Rabu dini hari tadi, Zachbidin memilih bungkam di hapadan penyidik.

"Awalnya dia menolak diperiksa. Pas siang tadi dia mau, tetapi setelah beberapa lama dia kembali menghentikan pemeriksaan karena alasan asam lambung tinggi, juga syok," bebernya.

Untuk memastikannya, penyidik segera berkoordinasi dengan dokter polisi (Dokkes) RS Bhayangkara untuk mengecek kondisi kesehatan yang bersangkutan.

Aziz menambahkan, dalam dua hari ke depan, pihaknya segera menetapkan status Zachbidin. Namun tanpa mendahului hasil pemeriksaan, dia sesumbar menjerat oknum caleg ini dengan status tersangka.

"Jangankan politikus, anggota polisi saja kalau ada yang terlibat narkoba kita tangkap kok," tambah dia.

Diberitakan, Zachbidin alias Didi diamankan di sebuah kantor notaris di Komp PAM Makassar Jalan DR Ratulangi No 12 Kecamatan Ujung Pandang, sekira pukul 16.00 Wita.

Saat digerebek, petugas menemukan yang bersangkutan tengah menggunakan narkoba jenis sabu di dalam ruangan kerjanya.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Endi Sutendi, menegaskan dalam kasus ini, penyidik tetap menanganinya secara profesional dan sesuai prosedur.

"Siapa pun pelakunya kita tindak tegas. Kita tidak pandang bulu, apalagi ini kasus narkotika," tegasnya.

Baca juga: Caleg Partai Nasdem tertangkap basah hisap sabu
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1907 seconds (0.1#10.140)