Beredar foto mesum pelajar di Facebook

Rabu, 09 Oktober 2013 - 00:49 WIB
Beredar foto mesum pelajar di Facebook
Beredar foto mesum pelajar di Facebook
A A A
Sindonews.com - Dunia pendidikan di Kabupaten Maros untuk kesekian kalinya kembali tercoreng. Kali ini foto mesra empat orang siswa dari dua sekolah yang berbeda, beredar luas di kalangan siswa dan beberapa warga. Dua siswa SMK dan SMA di Maros ini terlibat foto mesra bersama.

Berdasaran penelusuran wartawan, salah seorang siswi dalam foto berhasil terdeteksi. Begitupun dengan pelajar yang menjadi pasangan prianya. Para siswa itu diketahui masih duduk di bangku kelas 1. Foto mesra keduanya sempat beredar di sosial media, sejak Senin 7 Oktober 2013.

Menurut Kepala Sekolah SMAN 3 Lau Kencang, keberadaan foto tersebut baru diketahuinya, pada Senin malam. Namun pihaknya sama sekali tidak menduga jika pelaku foto mesum itu siswanya. Hal itu baru diketahuinya, ketika ada guru yang mendatangi sekolahnya dan meminta untuk bertemu dengan pelaku.

"Iya, pihak sekolah di sana tadi mendatangi kami, dan meminta supaya pelaku dibawa ke sekolahnya. Tapi saya menolaknya, karena biar bagaimana pun dia itu masuk dalam tanggung jawab kami selama proses belajar berlangsung," ujarnya kepada wartawan saat ditemui di ruangannya, Selasa (8/10/2013).

Ditambahkan dia, pelaku sudah mengakui semua perbuatannya. Untuk itu, pihak sekolah akan memproses permasalahan itu secara bijak. Apa lagi dalam melakukan adegan itu, pelaku tidak menggunakan pakaian seragam. Selama ini, kata Kencang, pelaku memang dikenal berkelakuan negatif.

Dia suka bolos dan tak menonjol di sekolah dalam hal prestasi. Kencang mengaku, sempat melihat foto mesra pelaku di Facebook. Dia pun telah melakukan pemblokiran pada foto itu. Kencang mengaku telah menginterogasi pelaku, namun pihaknya tak akan mematikan karir anak didiknya.

"Setelah ini kami akan konferensi kasus, kami akan memanggil orangtua pelaku. Kami akan carikan solusi, karena anak ini sudah kelas tiga, sebentar lagi akan melalui rangkaian ujian. Kami tidak akan mematikan karir siswanya," jelasnya.

Menurut pengakuan pelaku melalui Kencang, dia mengakui perbuatannya bersama. Kejadian tersebut terjadi di rumah sepupu pelaku berjarak satu kilometer dari sekolah. Namun peristiwa mengupload di Facebook ini diduga dilakukan oleh oknum yang tak menyukai hubungan mereka.

Di lain pihak, Kepala SMKN 1 Lau Azis, membenarkan beredarnya foto mesra siswinya. Pelaku merupakan siswa kelas tiga jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Foto yang telah diupload di Facebook tersebut memakai pakaian batik siswa sekolah.

Azis pun menyayangkan kelakuan siswanya ini. Meskipun beredarnya foto siswanya di media sosial itu bukan kesalahan pihak akademik, namun murni kelakuan siswanya. Namun secara umum ini merupakan tanggungjawab sekolah.

Azis menilai, perkembangan dunia teknologi yang semakin berkembang memicu siswa untuk berbuat hal negatif. Apalagi didukung dengan kurangnya perhatian orangtua masing-masing.

Azis mengaku telah menindaki siswa tersebut. Hasil rapat bersama dewan guru dan komite sekolah pelaku telah dikembalikan ke orangtuanya. Pasalnya yang bersangkutan telah melanggar beberapa aturan yang ditetapkan pihak sekolah.

Selain pelaku, ada siswa lain dikembalikan ke orangtuanya. Siswi kelas satu jurusan Administrasi Perkantoran ini dikembalikan dua pekan lalu, gara-gara beradegan mesum dalam sebuah foto.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3568 seconds (0.1#10.140)