Bayi bison Amerika tambah koleksi TSI Prigen

Selasa, 08 Oktober 2013 - 16:57 WIB
Bayi bison Amerika tambah koleksi TSI Prigen
Bayi bison Amerika tambah koleksi TSI Prigen
A A A
Sindonews.com - Seekor bayi bison lahir di pusat penangkaran satwa Taman Safari Indonesia (TSI) II Prigen, Kabupaten Pasuruan. Kelahiran binatang darat terbesar di Amerika ini menambah koleksi bison Amerika menjadi tiga ekor.

Anak bison berjenis kelamin betina yang diberi nama Kayla ini dilahirkan dari indukan pasangan Kiasulin (6), dan pejantan Nanduira (8). Kayla lahir secara normal pada 2 Oktober 2013 lalu dengan bobot 30 kilogram.

Saat ini kondisi Kayla sudah sehat dan bisa berbaur dengan induknya di dalam kandang. Bayi bison yang lucu ini akan dilepas dan dipertontonkan kepada wisatawan pada tiga bulan mendatang.

"Ini adalah kelahiran yang pertama kali bison Amerika. Sepasang bison ini didatangkan pada 2009 lalu," kata Mulyono, keeper bison TSI II Prigen, Selasa (8/10/2013).

Menurutnya, selama satu bulan menjelang kelahirannya, induk bison ini dikarantina dan dipisahkan dari kelompoknya. Usia kehamilannya yang mencapai sembilan bulan membuat kondisi induk bison kian melemah. Agar tetap fit, induk bison ini diberikan tambahan asupan vitamin dan kalsium.

"Proses kelahirannya berlangsung secara normal. Tidak ada kendala berarti dalam proses kelahirannya," katanya.

Hingga saat ini, bison Amerika berjumlah tiga ekor. Sedangkan bison Eropa ada delapan ekor, dengan enam kali proses kelahiran dari sepasang bison Eropa.

Pada tahun 1.800-an bison Amerika pernah dinyatakan hampir punah, karena populasinya yang terus menurun drastis akibat perburuan manusia. Namun setelah dilakukan pengembangbiakan peternakan bison, saat ini bison bisa keluar dari batas kepunahan.

Menurut dokter satwa TSI II Prigen, drh Nanang Tedjo Laksono, bison Amerika termasuk satwa baru di TSI II Prigen. Satwa yang makan rerumputan ini didatangkan dari Jepang. Indukan ini baru berkembang biak setelah menunggu lima tahun kemudian.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1206 seconds (0.1#10.140)