Aher Klaim kondisi Tangkuban Parahu terkendali

Sabtu, 05 Oktober 2013 - 15:43 WIB
Aher Klaim kondisi Tangkuban Parahu terkendali
Aher Klaim kondisi Tangkuban Parahu terkendali
A A A
Sindonews.com – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengklaim kondisi kawah Gunung Tangkuban Parahu sudah terkendali. Menurutnya, semenjak terdeteksi letupan petugas di lapangan langsung melakukan seusai prosedur.

“Sudah ada prosedurnya . Semenjak awal dideteksi semuanya sudah terkendali. Petugas keamanan setempat langsung mengambil langkah-langkah evakuasi,” kata dia ketika menghadiri peringatan HUT TNI di Lapangan Gasibu, Sabtu (5/10/2013).

Heryawan mengatakan telah menerima kabar letupan kawah pada Sabtu pagi. Sejak itu langsung dilakukan evakuasi terhadap warga, khususnya pedagang di kawah raksasa yang menjadi tempat wisata tersebut. Heryawan pun mengatakan telah menerima bantuan satu pleton dari Polda Jabar.

“Tadi saya sudah berbincang dengan Kapolda, katanya sudah ada satu pleton yang diterjunkan kesana. Kemudian cuaca pun aman jadi tidak ada masalah apa-apa,” tutur dia.

Meski demikian, sesuai dengan pantauan di lapangan, Heryawan mengimbau agar warga menjauhi kawah dengan radius 1,5 kilometer. “Evakuasi terus dilakukan. Serta ada pengosongan dalam radius 1,5 kilometer. Kita khawatir takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim mengatakan pasukannya siap 24 jam untuk membantu. Menurutnya, selain operasi perang TNI siap membantu pemerintah daerah.

“Khususnya untuk mengvakuasi warga, kita siap setiap saat 24 jam membantu. Selain operasi militer perang juga di dalamnya ada 14, yang diantara membantu pemda dan warganya,” kata Dedi.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3555 seconds (0.1#10.140)