Pedagang dilarang jualan di sekitar Gunung Tangkuban Parahu

Sabtu, 05 Oktober 2013 - 13:04 WIB
Pedagang dilarang jualan di sekitar Gunung Tangkuban Parahu
Pedagang dilarang jualan di sekitar Gunung Tangkuban Parahu
A A A
Sindonews.com – Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan (Aher), sudah mengetahui perihal status Gunung Tangkuban Parahu yang statusnya naik menjadi waspada level II.

Menurutnya, saat ini pemerintah bersama instansi lain sudah berkoordinasi untuk mengantisipasi adanya kemungkinan-kemungkinan buruk atas gunung yang identik dengan cerita rakyat Sangkuriang itu.

“Ya betul, sudah batuk-batuk. Polda juga sudah menyiapkan pasukan untuk evakuasi jika diperukan,” tutur Aher kepada wartawan, Sabtu (5/10/2013).

Saat ini, kata dia, suasana masih terkendali dengan bantuan pihak kepolisian dan TNI untuk melakukan penjagaan.

“1,5 KM harus dikosongkan karena kita khawatir ada hal-hal yang tidak diinginkan. Tapi yang jelas, semenjak awal terdeteksi, petugas keamanan setempat juga melakukan langkah-langkah pencegahan,” katanya.

Meski belum mendapat laporan langsung dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) namun Aher mastikan jika proses evakuasi dan keperluan logistic sudah pasti disiapkan.

“Paling yang jadi persoalan adalah bagaimana mengevakuasi pedagang di sana, mungkin satu, dua (pedagang) ada yang nginep di sana,” ucapnya.

Saat ini, pihaknya telah memastikan jika tidak ada seorang pun selain petugas diperbolehkan masuk ke wilayah Gunung Tangkuban Parahu, termasuk pedagang yang biasa berjualan di sana.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9970 seconds (0.1#10.140)