Polres Sumba Timur amankan empat TKW ilegal

Rabu, 18 September 2013 - 21:42 WIB
Polres Sumba Timur amankan empat TKW ilegal
Polres Sumba Timur amankan empat TKW ilegal
A A A
Sindonews.com - Gencarnya pemberitaan tentang penyiksaan dan perlakuan tidak manusiawi para majikan terhadap para Tenaga Kerja Wanita (TKW) di luar negeri, ternyata belum mampu menyurutkan niat beberapa warga untuk mengadu nasib menjadi TKW.

Seperti yang terjadi, Rabu (18/09) siang tadi, empat perempuan asal Kabupaten Sumba Barat Daya, Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) diamankan Polisi, di Bandara Umbu Mehang Kunda, Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur.

Dari hasil keterangan mereka kepada aparat polisi dan petugas Bandara setempat, mereka menyebutkan akan berangkat dengan pesawat Wings Air ke Bali. Nantinya dari pulau Bali baru akan diberangkatkan ke Malaysia.

Empat perempuan malang itu masing – masing adalah Marta Ina (33), Martina Mara Bebe (23), Lidia Leda (27) dan Yasinta Bulu (23).

Kedatangan mereka ke Bandara setempat sejak awal sudah dicurigai petugas. Sayangnya, Fian yang disebut para calon TKW ilegal ini sebagai perekrut, justru tak nampak batang hidungnya.

Adapun modal nekad menjadi modal dasar keempatnya untuk bekerja keluar negeri. Pasalnya dua diantaranya buta huruf dan kesemuanya tak dapat berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia. Bahkan dua diantaranya harus meninggalkan anaknya yang masih balita.

“Saya punya anak lima orang, yang kecil umur enam bulan dan masih nyusu,” ujar Martina, salah satu calon TKW ilegal dengan bahasa daerah.

Meski menangis dan enggan untuk dibawa aparat, keempatnya tetap digiring petugas ke Mapolres setempat dengan menggunakan mobil Patroli.

”Kita bawa ke Polres untuk pemeriksaan lebih lanjut. Juga untuk menelusuri jaringannya,” jelas Bripka Ale Rupiassa, Kanit Buser Polres setempat.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5885 seconds (0.1#10.140)