1 kursi CPNS Rp75 juta

Rabu, 18 September 2013 - 07:04 WIB
1 kursi CPNS Rp75 juta
1 kursi CPNS Rp75 juta
A A A
Sindonews.com - Calo nakal kembali berulah jelang rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2013 dengan sasaran guru honorer. Tak tanggung-tanggung, satu kursi PNS ditawarkannya Rp75 juta.

Saat ini aksi pelaku masih dilacak Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solo, Jawa Tengah melalui informasi dari calon korban. Kepada mereka, pelaku yang menyamar sebagai pejabat BKD berjanji menjatahnya kursi PNS jika mentransfer Rp75 juta.

Barang bukti berupa dokumen perjanjian antara korban dengan pelaku menjadi modal menelusuri kasus ini.

“Beruntung uang belum sampai ke tangan pelaku. Ada saudara dari korban yang menelepon saya untuk menanyakan hal itu,” kata Kabid Pengembangan Pegawai BKD, Lancer S Naibaho, Selasa (17/09/2013).

Keterangan dari saksi menyebutkan, pelaku memiliki informasi lengkap ihwal rekrutmen CPNS Solo dan mampu mengaksesnya mudah. Meski demikian, Lancer tak mau menyimpulkan keterlibatan orang dalam.

“Seluruh informasi tentang CPNS bisa diakses di laman situs bkd.surakarta.go.id. Masyarakat dipersilakan pula menanyakan langsung ke kantor. BKD tidak memungut biaya sepeser pun, apalagi iming-iming uang agar lolos jadi PNS,” tegas dia.

Lancer mengatakan, modus penipuan semacam ini jamak ditemukan BKD jelang rekrutmen CPNS. Selain mencatut nama pejabat, pelaku juga membidik psikologis calon korban. Dikatakannya, calon korban penipuan CPNS bermahar Rp75 juta diketahui sangat mendamba posisi tersebut, namun mustahil mendaftar karena lulusan SMA.

“Jangan terlalu berambisi karena akan mudah dibohongi. Jelas-jelas syarat pendidikan S1,” kata dia.

Untuk diketahui, rekrutmen CPNS Solo 2013 menawarkan 35 posisi guru SMK dari pelamar umum dan pengangkatan PNS dari guru honorer. Pemerintah pusat mengangkat PNS dari kalangan guru honorer sebanyak 30% dari kuota nasional.

Ujian dijadwalkan digelar serentak pada 3 November 2013 bagi pelamar umum maupun guru honorer. Sedangkan berkas lamaran diterima BKD mulai 20-30 September cap pos.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9458 seconds (0.1#10.140)