KPU tetapkan DPT Pilbup

Rabu, 18 September 2013 - 06:46 WIB
KPU tetapkan DPT Pilbup
KPU tetapkan DPT Pilbup
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilihan Bupati mencapai 935.741 orang.

Jumlah tersebut, jauh lebih sedikit dibanding DPT Pemilu Legislatif (Pilleg) yang telah ditetapkan beberapa waktu lalu yakni 959.943 orang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magelang, Makmun Rakhmatullah mengatakan, dari total DPT, masing-masing laki-laki mancapai 465.636 pemilih dan pemilih tetap perempuan mencapai 470.105 pemilih.

"Nantinya, jumlah pemilih tersebut akan menyalurkan hak pilih di 2.417 TPS," jelas Makmun usai menggelar rapat pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Bupati (Pilbup) di ruang rapat KPU Kabupaten Magelang, Selasa (17/9/2013).

Makmun menjelaskan, jumlah DPT Pilbup diketahui memiliki selisih 24.202 pemilih jika dibandingkan DPT Pileg yang mencapai 959.943 pemilih.

Sementara, untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) juga ada selisih sebanyak 923 TPS atau lebih banyak Pilleg yang mencapai 3.340 TPS.

“Memang jumlah DPT Pilbup lebih sedikit, karena dimungkinkan banyak orang yang belum cukup umur di tahun 2013, baru bisa memilih di tahun 2014. Hal itu sesuai dengan aturan Pemilu,” paparnya.

Sementara, dalam rapat pleno kemarin tidak dihadiri satupun pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati. Namun, pihaknya mengaku tidak mempersoalkan hal itu.

“Mau datang atau tidak itu khan hak mereka, kami sudah mengundang. Hanya, tadi ada paslon yang sudah ijin untuk tidak datang,” jelasnya.

Divisi Pelanggaran dan Penanganan Sengketa Pemilu Panwaslu Kabupaten Magelang, Wardoyo mengatakan dari pantauan pihaknya penetapan DPT sudah sesuai prosedur. Hanya saja, kata dia, ada beberapa hal teknis yang masih perlu dibenahi selama rapat pleno tersebut.

“Ada beberapa teknis dalam penulisan data yang tidak cermat. Seperti di Kecamatan Mertoyudan tidak tertulis jumlah TPSnya. Ada juga daftar lampirang yang seharusnya DPT namun masih ditulis DPS. Sudah kami paraf dan benahi agar tidak ada kekeliruan,” paparnya.

Wardoyo menambahkan sejauh ini pihaknya tetap mengawasi dan mengecheck semua hal termasuk hal teknis, agar tercipta Pemilukada berkualitas.

"Semua akan kami awasi sampai pilbup benar-benar lancar, bersih dan sukses," tandasnya.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0016 seconds (0.1#10.140)