Cuaca ekstrim di Bandung berlanjut hingga Oktober

Selasa, 17 September 2013 - 18:30 WIB
Cuaca ekstrim di Bandung berlanjut hingga Oktober
Cuaca ekstrim di Bandung berlanjut hingga Oktober
A A A
Sindonews.com - Cuaca ekstrim, khususnya yang terjadi di wilayah Bandung, diperkirakan berlanjut hingga awal Oktober. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung, kondisi ini terjadi karena adanya musim peralihan.

"Jika sekarang Bandung sering diguyur hujan, bahkan lebat, bukan berarti musim hujan. Justru ini masih peralihan dari kemarau ke musim hujan," ungkap Prakirawan BMKG Kota Bandung Susiani saat dihubungi Sindonews melalui sambungan telepon, Selasa (17/9/13).

Dalam siklus ini, kata Susi, cuaca ekstrim selalu terjadi pada setiap musim peralihan. Karena pertengahan antara kemarau dan musim hujan, jadi sering terjadi siangnya panas, sorenya hujan bahkan lebat. Kemudian malamnya bisa saja kembali panas.

Namun musim peralihan ini tidak berlangsung merata. "Jika di wilayah utara tengah diguyur hujan, belum tentu di wilayah barat, selatan ataupun timur hujan juga. Bisa saja malah di wilayah lain cerah karena memang tidak merata," tutur Susi.

Termasuk untuk volume hujan, lanjut Susi, meskipun sering terjadi hujan lebat namun tidak berlangsung lama. Peningkatan hujan diperkirakan terjadi pertengahan Oktober hingga akhir November. "Itu baru musim hujan tahap awal," ujarnya.

Selain cuaca ekstrim, BMKG pun mewaspadai potensi angin kencang pada musim peralihan ini. Menurut Susi, cepat berubahnya cuaca dari panas ke hujan mengakibatkan angin kencang.

"Ketika cuaca panas kemudian dingin karena hujan. Udara tentunya perlu distabilkan. Cara tercepat yakni dengan menghembuskan angin yang diprediksi akan melanda Bandung," lengkapnya.

Untuk itu, kata Susi, penting bagi masyarakat untuk mewaspadainya. "Sebaiknya masyarakat berjaga, karena potensi itu ada," pungkasnya.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5141 seconds (0.1#10.140)