Pelecehan seksual anak di Karawang masih tinggi

Selasa, 17 September 2013 - 18:16 WIB
Pelecehan seksual anak di Karawang masih tinggi
Pelecehan seksual anak di Karawang masih tinggi
A A A
Sindonews.com - Dinas Sosial Kabupaten Karawang menilai kasus pelecehan seksual di Kabupaten Karawang masih marak. Hal tersebut dapat dilihat dari kasus yang ditangani LK3 (Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga) yang mencapai 25 kasus yang hingga kini masih belum terselesaikan.

Dyah Palupi, Penanggungjawab LK3 (Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga) mengatakan, berdasarkan data yang dikumpulkan dari tahun 2010 hingga 2011, pelecehan seksual pada anak, di Kabupaten Karawang telah mencapai sekira 25 kasus.

"Satu kasus saja bisa terjadi pada 3-7 orang anak, itu baru yang terdata di kami, belum yang masih di luar, saya kira masih banyak," ujarnya ditemui di ruang kerjanya, Jalan Husni Hamid, Kabupaten Karawang, Selasa (17/9/2013).

Dikatakan bahwa anak-anak di Karawang masih rentan menjadi korban pelecehan seksual. Pasalnya pelecehan rawan terjadi pada anak berumur 3-15 tahun.

Dikatakan, 90 persen pelecehan tersebut dilakukan orang terdekat, dan kebanyakan merupakan sosok yang mereka kenal.

"Pelecehan bagi anak normal yang tidak mengalami gangguan jiwa biasanya dilecehkan oleh orang terdekat, seperti kakek, guru ngaji, dan lainnya. Sedang yang mengalami kelainan jiwa, seperti anak cacat mental biasanya di iming-imingi sesuatu seperti permen oleh tetangganya," ujarnya.

Pelecehan seksual, lanjutnya, dapat terjadi di seluruh titik daerah di kabupaten karawang. Dan dari kesemua titik tersebut anak dari keluarga golongan ekonomi lemah lebih rawan menjadi korban pelecehan, pasalnya ada keterbatasan pengetahuan orang tua yang kurang tanggap terhadap hal tersebut.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5288 seconds (0.1#10.140)