Jemaah haji asal Solo bawa pisau & gunting

Sabtu, 14 September 2013 - 14:29 WIB
Jemaah haji asal Solo bawa pisau & gunting
Jemaah haji asal Solo bawa pisau & gunting
A A A
Sindonews.com - Sejumlah jemaah haji kedapatan membawa pisau, garpu, gunting dan botol saat akan diterbangkan dari Bandara Adisumarmo Solo menuju Jedah, Arab Saudi. Karena dianggap berbahaya, barang-barang itu pun akhirnya disita.

Peristiwa itu, terungkap saat dilakukan periksaan. Namun, saat ditanya siapa pemilik barang-barang tersebut, mereka tidak satu pun yang mengaku. Setelah didesak, baru kemudian mereka mengaku.

Mereka berdalih, peralatan ini akan digunakan saat sudah tiba dan menginap di Arab. Seperti diungkapkan salah seorang jemaah Tri Susilowwati misalnya.

Dia mengaku, sengaja membawa pisau untuk memasak. Dia juga mengaku sudah tahu larangan itu. Namun, dirinya coba memaksakan diri. Karena beranggapan di sana sulit mencari pisau untuk memotong buah dan lainnya.

Alhasil, barang-barang yang bisa membahayakan orang lain tersebut disita petugas. Selain Tri, sejumlah calon haji lainnya juga bernasib sama. Mereka harus merelakan barang bawaan yang dilarang untuk disita.

Penyitaan barang bawaan yang diduga berbahaya itu, sesuai dengan standar penerbangan nasional yang melarang penumpangnya membawa senjata tajam, alat peledak dan benda lainnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7011 seconds (0.1#10.140)