Pariwisata di Pulau Komodo sumbang penyebaran HIV/AIDS

Jum'at, 13 September 2013 - 09:58 WIB
Pariwisata di Pulau Komodo sumbang penyebaran HIV/AIDS
Pariwisata di Pulau Komodo sumbang penyebaran HIV/AIDS
A A A
Sindonews.com - Perkembangan sektor pariwisata di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT), dapat menjadi pemicu meningkatnya kasus HIV/AIDS di wilayah itu.

"Meningkatnya sektor pariwisata Pulau Komodo, dikhawatirkan akan berimplikasi terhadap peningkatan HIV dan AIDS melalui transmisi seksual," ujar Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Nasional Kemal Siregar, dalam pesan tertulisnya, Jumat (13/9/2013).

Terlebih, kata dia, masyarakatnya tidak memahami secara benar bagaimana cara mencegah penularan HIV. “Kampanye HIV dalam bentuk hiburan dan edukasi perlu dilakukan secara rutin untuk dapat menjangkau lebih banyak masyarakat, khususnya di daerah pedesaan dan terpencil,” lanjut Kemal.

Dilanjutkan dia, untuk tujuan kampanye itu lah, Komisi Penanggulangan AIDS Nasional menggelar panggung hiburan edukasi HIV dan nonton bareng gratis film ‘cinta dari Wamena’ di Kampung Ujung-Labuan Bajo, pada Senin 9 September 2013.

Dalam kegiatan ini, masyarakat sekitar yang kebanyakan berprofesi sebagai anak buah kapal diberikan pengetahuan tentang bahaya HIV/AIDS dan upaya pencegahannya.

Kegiatan ini cukup berhasil dengan turut dimeriahkan oleh musisi lokal Labuan Bajo Cross Road Band dan Star Band. Hal itu tampak dari banyaknya orang yang mendatangi kegiatan mencapia sekira seribu orang.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6336 seconds (0.1#10.140)