UGM dampingi warga kelola pantai baru

Rabu, 11 September 2013 - 07:45 WIB
UGM dampingi warga kelola pantai baru
UGM dampingi warga kelola pantai baru
A A A
Sindonews.com - Pantai Baru di Dusun Ngentak, Poncosari, Srandakan, Bantul merupakan salah satu pantai muda yang muncul di Yogyakarta. Meskipun tergolong pantai yang belakangan muncul keberadaan Pantai Baru sudah menyedot perhatian wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.

Universitas Gajah Mada (UGM) pun berinisiatif mendampingi kegiatan warga setempat yang awalnya tidak bekerja di bidang pariwisata.

"Karena pantai ini cukup baru, wisatawan pun berbondong untuk menyaksikan keindahan alamnya. Sayangnya penduduk setempat belum terbiasa dengan profesi mereka di bidang pariwisata. Kami pun berinisiatif melakukan pendampingan," ujar Koordinator Kegiatan dari Jurusan Sosiologi UGM Derajad Sulistyo Widhyharto kepada wartawan di Yogyakarta, Selasa (10/9/2013).

Derajat menjelaskan, kegiatan pendampingan telah dirintis sejak tahun 2011. Kelompok pelaku usaha perempuan menjadi sasaran kegiatan agar mereka menjadi lebih mandiri.

Berbagai pelatihan seperti manajemen keuangan, kelembagaan hingga pengemasan olahan kuliner telah disiapkan. "Prinsipnya adalah penguatan baik di bidang informasi, data maupun SDM," imbuhnya.

Wakil Ketua Bidang Pengabdian LPPM UGM Irfan Dwidya Prijambada berharap, pelaku usaha di Pantai Baru lebih memperhatikan pemasaran dan pengemasan produk-produk kuliner yang dihasilkan supaya lebih laku.

Selain penguatan kelompok usaha perempuan di Pantai Baru, UGM nantinya juga akan terjun melalui mahasiswa KKN serta pengelolaan kawasan tangguh bencana.

"UGM dengan KKN maupun program tanggap bencana dari DERU (Disaster Response Unit) siap mendukung program-program penguatan semacam ini," tegas Irfan.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8393 seconds (0.1#10.140)